DPRD Karo Desak Bupati Segera Bangun TPS Pedagang Korban Kebakaran Pasar Berastagi

penampungan pedagang korban kebakaran

topmetro.news – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karo Dodi Sinuhaji mendesak Bupati Terkelin Brahmana SH MH, untuk segera membangun TPS atau tempat penampungan sementara bagi pedagang korban kebakaran Pajak Tingkat Berastagi.

Desakan itu disampaikan Dodi Sinuhaji kepada Bupati Karo, Kamis (26/11/2020), usai rapat paripurna DPRD Karo penyampaian Nota Pengantar Bupati Karo atas Ranperda APBD Karo TA. 2021 di Kabanjahe.

“Pembangunan TPS ini sangat mendesak Pak Bupati. Mengingat para pedagang saat ini, banyak menerima informasi simpang siur tentang pembangunan TPS, dengan berbagai lokasi. Sangat rentan dipolitisir oleh pihak pihak tertentu,” ujar Dodi.

Untuk menenangkan para pedagang, katanya, pihaknya selaku wakil rakyat sangat berharap agar Pemkab Karo segera nembangun TPS tersebut. Sehingga para pedagang bisa kembali mencari nafkah, guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Segera Bangun TPS

Menanggapi desakan tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, pembangunan TPS tetap akan terlaksana, sesuai komitmen eksekutif dan legislatif. Sekarang tinggal menunggu waktu yang tepat. Mungkin hanya beberapa hari ke depan akan mulai pembangunannya.

“Masalah lokasi pembangunan TPS , titiknya sudah jelas. Dan saat ini dinas terkait sedang melakukan survei, tentang layak tidaknya. Tergantung hasil kajian yang ada nantinya,” kata Terkelin

Sementara Kadis Koperindag Edison Karokaro mengatakan, sesuai hasil rapat pihak OPD Karo dengan DPRD Karo menyebutkan, dalam pemanfaatan bekas gedung terbakar untuk pembangunan TPS harus ada rekomendasi tenaga ahli yang menyatakan gedung tersebut layak atau tidak. Tentu dalam hal ini sudah ada pengajuan ke pihak USU untuk menelitinya. Sekarang tinggal menunggu hasilnya.

Menurut Edison, langkah tersebut mungkin menyita waktu. Sedangkan para pedagang sangat membutuhkan TPS untuk berjualan sementara. Terkait hal ini, Pemkab Karo sudah komit untuk segera membangun TPS dalam waktu yang dekat ini, sesuai kebutuhan yang ada.

Menyangkut lokasinya, sesuai hasil survei pihaknya, pembangunan kios TPS akan berada pada titik. Yakni pertama Jalan Perniagaan, Jalan Perdangangan, dan Jalan Penghasilan Berastagi.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment