Satgas Covid-19: Medan Masih Zona Merah

Kota Medan masih zona merah

Topmetro.news – Status Kota Medan hingga kini masih berada di zona merah penularan Covid-19. Untuk itu, masyarakat Kota Medan perlu mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan (prokes). Karena walaupun akhir-akhir ini tingkat kesembuhan pasien Covid-19 menunjukkan penurunan, Namun status Kota Medan masih tetap berada di zona merah.

Salah satu Surveilans Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Medan, Jojor Simamora menyampaikan hal tersebut kepada awak media ketika temu pers di Posko Satgas Penanganan Covid-19 di Gedung PKK Kota Medan Jalan Rotan Medan, Senin (16/11/2020).

Lanjut dia, untuk penetapan status satu daerah harus melalui pembahasan yang panjang dan dilakukan tim khusus. Dan, sampai saat ini belum ada tim khusus melakukan pembahasan, penetapan perubahan status penularan Covid-19 Kota Medan.

Medan Masih Zona Merah

“Perubahan status itu harus melalui kajian tim khusus. Sampai sekarang belum lagi kajian tim terkait itu. Makanya, status Kota Medan belum berubah, masih zona merah Covid-19,” ujar Jojor

Jojor menjelaskan, perlambatan kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Medan saat ini mencapai 79,6% . Sedangkan angka kematian mencapai 4,3% dan kesakitan sebesar 50,7%.

“Saat ini juga belum ada informasi terkait vaksin dan imunisasi di Kota Medan. Kami belum dapat kabar dari pusat. Maka satu satunya cara pencegahan penularan Covid-19 dengan mematuhi 3M yaitu Memakai masker dengan benar, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan Menjaga jarak,” tutup Jojor.

 

Penulis : Thamrin Samosir

Medan – Sumatera Utara

Related posts

Leave a Comment