Kadisdik Batubara Ilyas: Kajian Pengembangan Muatan Lokal Adalah Keperluan Bersama

Fakultas Sastra UISU

topmetro.news – Sebagai tindaklanjut MoU antara Pemkab Batubara, dalam hal ini Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dengan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara Dr Yanhar Jamaluddin MAP, Dinas Pendidikan kembali lagi melakukan MoA yang kali ini dengan Fakultas Sastra UISU (Universitas Islam Sumatera Utara).

Demikian katak Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus usai melaksanakan MoA bertempat Ruang Kerja Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara, Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (19/11/2020).

Masih menurut Ilyas bahwa MoA kali ini khusus menyangkut tentang Kajian Pengembangan Muatan Lokal untuk Kabupaten Batubara. Hal ini sangat perlu, karena muatan lokal dalam kurikulum adalah merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menanamkan dan menumbuhkan kearifan lokal dalam kehidupan.

Hal ini merupakan sebentuk peluang untuk mengenalkan kearifan-kearifan lokal dalam bentuk representasi kehidupan yang lebih bermakna,” papar mahasiswa Program Doktor Managemen Pendidikan Unimed ini.

Ilyas juga menyampaikan bahwa kearifan lokal berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam. “Kearifan lokal juga berfungsi untuk mengembangkan sumber daya manusia. Serta dapat berfungsi sebagai pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Juga berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan,” terang Ncekli safaan akrab kadisdik ini.

Masih menurut Ilyas, kearifan lokal merupakan bagian dari budaya dalam masyarakat yang tidak dapat terpisah dari kalangan masyarakat itu sendiri. Yaitu kearifan lokal. “Ia dapat memanipulasi budaya dengan kehidupan ilmiah dan dapat memahami berbagai macam sains,” tambah Ilyas.

Muatan Lokal Kabupaten Batubara

Sementara Dekan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara Dr Purwanto Siwi MA menyampaikan, MoA itu merupakan lanjutan MoU yang telah terbangun pada tanggal 12 Agustus 2020 lalu antara Pemkab Batubara dalam hal ini dengan tanda tangan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP. Bersama Rektor Universitas Islam Sumatera Utara Dr Yanhar Jamaluddin MAP. Berlangsung pada Kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Masih menurut Purwanto kerjasama ini bertujuan untuk melaksanakan hubungan kerja kelembangaan dan kekeluargaan antara kedua belah pihak. Termasuk dalam mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Khususnya bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Utamanya terkait dalam bentuk kajian pengembangan muatan lokal untuk Kabupaten Batubara.

“Kami berharap dukungan dari semua pihak sehingga Kajian Pengembangan Muatan Lokal Batubara ini dapat kita wujudkan dengan baik. Selanjutnya akan menjadi kekayaan kita bersama. Sekaligus sebangai bekal buat anak cucu dan keturunan kita kelak,” unggap Purwanto.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut selain Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, Kabid Kebudayaan Halimah, Kabid PNFI dan PAUD Azwar. Kasubbag Umum Ahmadi.

Dari Fakultas Sastra UISU hadir Dekan Dr H Purwanto Siwi MA. Purwarno SS MA, Wakil Dekan I Akademik dan Dakwah Islamiah Susi Eka Lestari SS MHum. Wakil Dekan II Sumber Daya & Keuangan Sri Wulan SS MS. Wakil Dekan III Kemahasiswaan, Alumni & Kewirausahaan Drs H Azmir Pasaribu MA. Serta mantan Wakil Rektor IV Kerja Sama 2012 – 2016.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment