Medan Helvetia Terus Gencarkan Berbagai Upaya Tekan Covid-19

Medan Helvetia Terus Gencarkan Berbagai Upaya Tekan Covid-19

Topmetro.news – Kecamatan Medan Helvetia bersama unsur Muspika terus melakukan berbagai upaya dalam menekan penyebaran Covid 19 di wilayah tersebut. Selain melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat, mereka juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah itu, terutama kawasan yang ada warganya terpapar virus Corona.

“Kita juga rutin melaksanakan razia masker bagi warga yang tidak menggunakan masker, sekaligus membagikan sejumlah masker agar masyarakat senantiasa memakai masker saat beraktifitas di luar rumah,” ungkap Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar, di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19, Selasa (17/11/2020).

Lalu, Kecamatan Medan Helvetia juga melakukan pendataan bagi warga yang positif Covid 19. Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan, warga yang positif memiliki KK/KTP Medan Helvetia tetapi tidak tinggal di Medan Helvetia.

Selanjutnya, bagi warga yang sudah positif Covid 19 dan menjalani perawatan di rumah sakit, tidak diperkenankan menjalani isolasi mandiri atas permintaan sendiri.

“Kehadiran warga yang bersangkutan sangat berbahaya bagi warga sekitarnya, sebab belum sembuh dari Covid 19, sehingga sangat rentan menularkan kepada warga lainnya. Ini hasil kesepakatan yang telah kita buat bersama,” bilangnya.

Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

Disisi lain, Muspika Medan Helvetia juga telah membagikan bantuan kepada warga yang terdampak Covid 19 berupa sembako. Selain itu juga membagikan alat semprot, cairan disinfektan serta hand sanitizer.

“Bantuan yang kita berikan ini berasal dari Pemko Medan, Pemerintah Provsu, organisasi masyarakat dan beberapa warga. Semoga bantuan yang diberikan ini memberikan manfaat bagi warga di tengah pandemi Covid 19 ini,” terang Andy.

Sementara juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Mardohar Tambunan, menegaskan Covid 19 bukan aib, melainkan sebuah bencana berupa penyakit yang harus diwaspadai dengan serius. Setelah 8 bulan pandemi Covid 19 menerpa Kota Medan, banyak warga yang terpapar virus Corona.

“Berkat upaya dan kerja keras yang dilakukan selama ini, sudah terjadi penurunan kasus Covid 19. Berdasarkan data, warga yang positif Covid 19 sekitar 7.000 orang. Dari jumlah tersebut, warga yang sembuh sebanyak 5.000-an. Sedangkan yang dirawat sekitar 1.114 orang,” urai Mardohar.

Mardohar berharap, jajaran Kecamatan Medan Helvetia dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid 19. Kemudian, bagi warga yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) dan tidak disertai gejala-gejala dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Itupun tergantung kondisi rumah, jika mengizinkan, isolasi mandiri dapat dilakukan di rumah. Sedangkan kondisi rumah yang tidak mengizinkan, isolasi mandiri dapat dilakukan di dua tempat yang telah disediakan Pemko Medan, yakin Gedung P4TK dan Rumah Sakit Lions Club,” imbuhnya.

 

REPORTER : THAMRIN SAMOSIR

MEDAN – SUMATERA UTARA

Related posts

Leave a Comment