Deputi RR BNPB Minta Relokasi Siosar Segera Dirampungkan dengan Tertib Administrasi

penyelesaian relokasi pengungsi

TOPMETRO.NEWS – Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) RI Ir Rifai MBA menegaskan, penyelesaian relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung ke Siosar Kabupaten Karo, harus segera dirampungkan, agar para pengungsi bisa beraktivitas maksimal.

Hal itu terungkap dalam acara evaluasi penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana erupsi Gunung Sinabung yang digelar di Hotel Harper Medan, Jumat (20/11/2020) yang dihadiri Plt Asisten I Pemkab Karo Dapit Trimei Sinulingga, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, Plt BPBD Karo Natanail Peranginangin dan Kepala BPBD dan jajaran kepala dinas di jajaran Pemprov Sumut serta Kepala Kanwil ATR/BPN Sumut.

Penyelesaian Relokasi Pengungsi Harus Segera Rampung

Rifai MBA dalam sambutannya menegaskan bahwa penanganan bencana, harus cepat dan tanggap. Disamping itu secara administrasi juga harus baik dan benar, sehingga tidak menyisakan sejumlah masalah dikemudian hari.

“Diharapkan upayakan relokasi Siosar segera dirampungkan, dan adminstrasi harus tertib, sebab ketika ending pekerjaan yang dinilai dan dilihat dari administrasi sebagai bahan pertanggungjawaban,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Plt Kalaksa BPBD Karo Natanail Perangin-angin menyampaikan, bahwa progres penanganan Sinabung sampai dengan saat ini masih secara intensif ditangani dan segera akan rampung.

Natanail juga menyinggung dan berharap agar kekurangan anggaran yang telah diajukan Pemkab Karo sesuai kebutuhan yang ada, kiranya dapat direalisasikan.

Hal ini mendorong percepatan penanganan infrastruktur yang sedang dilaksanakan.

Sementara itu Plt Asisten I Setda Karo Dapit Trimei Sinulingga, dihadapan Deputi RR BPBD menegaskan, Pemkab Karo dan Pemerintah Pusat tetap bersinergi sekaitan dalam penanganan erupsi Gunung Sinabung.

“Setiap ada permasalahan maupun kendala yang belum kami pahami, Pemkab Karo tetap berkoordinasi dengan BNPB. Semoga kerjasama selama ini, dapat menyelesaikan setiap persoalan,” ujarnya Trimei Sinulingga.

BERITA TERKAIT  | Bupati Karo, BNPB dan Deputi II KSP Tinjau Huntap Tahap III di Siosar

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH meninjau pembangunan Huntap (Rumah Hunian Tetap) III di Desa Siosar, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Senin (27/7/2020).

Bupati datang bersama Deputi II KSP (Kantor Staf Presiden) Abetnego Panca Putra Tarigan, Asisten Deputi Penanganan Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Kemenko PMK) Nelwan Harahap, dan Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB Ali Bernadus.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment