Harumkan Nama Sumut di Tingkat Nasional, Pemprov Apresiasi Kafilah

Harumkan Nama Sumut di Tingkat Nasional, Pemprov Apresiasi Kafilah

Topmetro.news – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi Kafilah Sumut yang berhasil mengharumkan nama daerah ini di ajang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVIII di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Kepulangan kafilah pun disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina di Bandara Kualanamu, Senin (23/11/2020) sore, dan dijamu di Asrama Haji Medan.

“Selamat datang kembali dan kita bersyukur kembali dengan keadaan sehat. Dengan capaian yang diperoleh, kami mengucapkan selamat yang telah menyumbangkan prestasi maupun yang belum. Kami juga mengapresiasi seluruh kafilah karena telah berupaya membawa nama Sumut dalam kancah nasional ini,” ucap Sabrina.

Turut hadir Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut Asren Nasution, Ketua Harian LPTQ Sumut Ikhwan Lubis, Ketua Kafilah Palit Muda Harahap, Kepala UPT Asrama Haji Ramalan Soedarto, serta seluruh peserta Kafilah Sumut.

Sabrina mengatakan, segala upaya yang telah dilakukan kafilah semoga dicatat sebagai ladang ibadah. Para pejuang yang telah berprestasi, Sabrina meminta untuk terus meningkatkan kemampuan. Serta yang belum berhasil untuk terus belajar dan mangasah kemampuan.

Kafilah Sumut Berkualitas Baik

“Saya yakin kafilah di Sumut ini sudah bagus dan pintar. Namun di daerah lain ada kemampuan dari kita yang lebih bagus. Keyakinan saya bahwa kafilah Sumut semua berkualitas baik,” katanya.

Disampaikannya, bahwa kompetisi ini belum berhenti, masih ada ajang lain dan meminta pada kafilah untuk tetap semangat. Bukan hanya untuk mengejar prestasi, namun MTQ ini merupakan amal ibadah untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

“Kompetisi ini hanya untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh seluruh kafilah. Oleh karena itu kafilah dapat lebih menggali lagi kompetensi yang dimiliki sampai sejauh mana kemampuannya. Dengan kemampuan kafilah ke depan Sumut dapat menjadi pelopor dalam pemahaman Al Quran dari daerah lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kafilah Sumut Palit Muda Harahap dalam laporannya mengatakan bahwa kafilah tiba dengan selamat dan dalam keadaan sehat.

“Ini semua berkat dukungan dari Pemprov Sumut yang telah memberi pelatihan selama ini,” katanya.

Pemberian Tali Asih

Di akhir acara, Sabrina juga memberikan tali asih pada anggota  yang berprestasi dan berhasil membawa Sumut peringkat ke enam pada MTQN XXVIII. Di antaranya, sebesar Rp100 juta kepada Rizki Maulana yang berhasil meraih Juara 1 Hafalan Alquran 20 Juz Putra dan Taufik Hasibuan Juara 1 Seni Kaligrafi Dekorasi Putra.

Kemudian sebesar Rp75 juta untuk para Juara 2 yakni Hafiz Prananda Sofian Munte (kategori anak-anak putra), Ahmad Khairi Novandra (kategori Remaja Putra), Ahmad Azro’i Hasibuan (kategori Qirsab Mujawwad Dewasa). Selanjutnya sebesar Rp50 juta untuk Juara 3 yakni Eva Irmayanti kategori Qirsab Murratal Remaja.

 

Sumber | Rilis

Related posts

Leave a Comment