Melalui Program GEMAS, Pemprov Aceh Serahkan Jutaan Masker ke Setiap Kabupaten

Program GEMAS

topmetro.news – Program Gubernur Aceh bernama Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) untuk sekolah di Aceh Singkil telah didistribusikan.

Pendistribusian logisitik jutaan masker tersebut berlangsung oleh Kadis Syariat Islam Provinsi Aceh Dr H MK Alidar kepada Pemkab Aceh Singkil. Distribusi diterima langsung Asisten I Pemerintahan Junaidi di Ruang Offroom Kantor Bupati.

Selanjutnya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah menerima masker tersebut. Untuk kemudian, akan berlangsung pendistribusian ke sekolah dan madrasah se-Aceh Singkil.

“Sesuai dengan intruksi Kemendikbud, pada Januari, seluruh sekolah harus sudah memberlakukan pembelajaran secara tatap muka seperti sedia kala. Makanya masker ini sudah harus didistribusikan ke sekolah-sekolah. Untuk memenuhi standar Protokol Kesehatan,” ucap Khalilullah dari ruang kerjanya, Rabu (2/12/2020).

Target Penerima Masker

Lanjutnya, penyerahan masker Program GEMAS itu berlangsung ke masing-masing sekolah MIN sampai dengan MTSN. Sedangkan untuk sekolah MAN menjadi ranahnya Kemenag.

“Selain itu, untuk SMA dan SMK penyalurannya diserahkan ke dinas cabang, kalau untuk sekolah SD dan SMP diserahkan ke Dinas Pendidikan,” terang Khalil.

“Target penerimaan masker ini yaitu guru dan siswa pada masing masing sekolah dan itu sudah mulai terlaksana mulai hari ini,” katanya.

Di bawah naungan Dinas Pendidikan yakni SD dan setara SMP mencapai 24.262 masker. Dengan rincian, guru SDN 1.168 dan murid 16.865. Kemudian, guru SMP 578 dan murid 5.651. “Semuanya tersebar pada 110 SDN dan 40 SMPN se-Kabupaten Aceh Singkil,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment