Panwaslucam Pangururan Menggelar Rakernis Bersama PKD

Panwaslucam Pangururan menggelar Rakernis

topmetro.news – Bertempat di Hotel Marina Desa Situngkir Kecamatan Pangururan, Jumat (5/12/2020), Panwaslucam (Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan) Pangururan menggelar Rakernis (Rapat Kerja Teknis) Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020.

Sebanyak 28 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Pangururan mengikuti Rakernis tersebut. Hadir juga, Kepala Sekretariat Panwaslucam Pangururan Ririn Andayani, Bendahara Panwaslucam Pangururan Martha Sihombing, serta staf Sekretariat Panwaslucam Pangururan.

Pembahasan meliputi arahan umum dari pimpinan Bawaslu Samosir dan bedah Alat Kerja Pengawasan (AKP). Kemudian ada paparan regulasi-regulasi terkait dengan penanganan pelanggaran pada masa kampanye, pemungutan dan perhitungan suara.

Ketua Panwaslucam Pangururan Tetty Naibaho membuka Rakernis tersebut bersama dengan anggota Panwaslucam Ronal Sinurat dan Frandi Naibaho.

Dalam sambutannya Ketua Panwaslucam Pangururan Tetty Naibaho menekankan tentang pentingnya pengawasan. Antara lain pengawasan mulai dari distribusi logistik, distribusi undangan pemilih. Sampai pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi.

Lebih lanjut Tetty nenjelaskan bahwa kondisi Pandemi Covid-19 juga telah membuat pelaksanaan pemilihan ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya.

“Oleh karena itu PKD dan PTPS juga punya kewajiban untuk mengawasi terlaksana atau tidaknya protokol kesehatan. Sesuai dengan anjuran pemerintah dan KPU, pada saat pemungutan dan penghitungan suara nantinya,” ujar Tetty.

Selain itu ia berharap agar PKD juga bisa berkoordinasi dengan PPS pada wilayah kerja masing-masing. Serta tetap melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap ‘money politic’.

Lebih lanjut Tetty mengatakan, untuk sering-sering baca regulasi, berkonsultasi, berkoordinasi, untuk bekal pengawasan. Juga selalu menjaga kesehatan, attitude, terapkan protokol kesehatan, dan semangat. Kemudian, jangan takut menjalankan tugas sesuai dengan koridor aturan yang ada.

“Sebagai pengawas, kita mengutamakan pencegahan. Apa pun yang Bapak Ibu lihat di lapangan, jangan lupa untuk menuangkan dalam laporan. Dan kita berharap Pilkada Samosir berlangsung aman dan damai,” ujar Tetty.

Harapan untuk Rakernis

Sementara itu, anggota Panwaslucam Pangururan Ronal Sinurat berharap dengan adanya Rakernis tersebut, PKD dapat mengetahui tugas-tugasnya pada saat pemilihan nanti. Serta bisa memberikan penguatan kepada PTPS pada desa/kelurahan masing-masing.

Senada dengan itu, anggota Panwaslucam Pangururan Frandy Naibaho menekankan terkait dengan kerja-kerja pengawasan yang utuh. “Form A atau laporan itu harus kita buat secara utuh. Jaga kesehatan, optimalkan pengawasan. Jaga integritas jangan terpancing emosi. Kami meminta Bapak Ibu PKD juga menguatkan Bapak Ibu PTPS,” ujar Frandy.

Dalam rakernis tersebut juga ada sesi diskusi terkait pengawasan dan pengalaman pengawasan lapangan yang bertujuan untuk penguatan PKD bekerja.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment