Resmi: Markas Napoli Kini Bernama Stadion Diego Armando Maradona

Stadion Diego Armando Maradona

topmetro.news – Resmi sudah perubahan nama markas Napoli. San Paolo menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Perubahan nama itu sudah mendapat persetujuan pemerintah kota dan dewan.

Maradona merupakan sosok legenda Kota Naples, khususnya untuk Napoli. Maradona meninggal dunia pada 25 November lalu setelah mengalami henti jantung.

Sejak saat itu penghormatan besar-besaran datang dari dunia sepakbola untuknya. Napoli, yang sebelumnya sudah memensiunkan nomor punggung 10 milik Maradona, lantas memutuskan mengubah nama stadion mereka.

Dewan Kota Naples meresmikan perubahan itu pada Jumat (4/12/2020), tanpa ada satu pun penolakan.

“Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadionnya kini dinamai Diego Armando Maradona. Resolusi berdasarkan pengajuan dari Walikota Luigi de Magistris, oleh anggota dewan bidang Toponimi Alessandre Clemente. Dan ditandatangani oleh seluruh anggota dewan kota yang bertemu di Palazzo San Giacomo,” demikian pernyataan resmi Kota Naples seperti dilansir Football Italia.

Maradona mengantarkan Napoli meraih dua ‘scudetto’ pada 1987 dan 1990. Serta memenangi Coppa Italia, Piala Super Italia, dan Piala UEFA. Itu adalah dua ‘scudetto’ pertama dan terakhir Napoli sejauh ini. Sebagaimana juga titel Piala UEFA, masih jadi satu-satunya gelar mereka pada ajang Eropa.

BACA JUGA | Tujuh Hari Maradona Meninggal, Pele Tulis Kalimat Pilu ini…

Dukungan Walikota Naples

Sebelumnya, Walikota Naples mengaku sangat merasa kehilangan sosok Maradona. Maka dari itu, dia setuju mengabadikan nama Maradona untuk Stadion San Paolo.

Maradona menghabiskan karier sepakbolanya bersama Napoli selama tujuh tahun. Dia tiba ke Kota Naples pada Juli 1984 usai meninggalkan Barcelona.

Wajar jika Napoli dan sebagian besar warga Kota Napoles merasa kehilangan sosok Maradona. Bagi mereka, Maradona adalah ‘Tuhan’ karena berhasil melambungkan prestasi Napoli. Maka dari itu pihak klub menginginkan Stadion San Paolo berubah namanya menjadi San Paolo-Maradona. Atau Diego Armando Maradona Stadium, sebagai bentuk penghormatan.

Bak gayung bersambut, Luigi De Magistri selaku Walikota Naples juga menginginkan nama Maradona menjadi nama stadion berkapasitas 55 ribu tempat duduk itu.

“Kami akan menamai stadion San Paolo untuk menghormati Maradona!,” ujar De Magistris di akun twitternya. “Maradona, pesepakbola terbaik sepanjang masa sudah tiada.”

“Dia membuat warga bermimpi, dia melambungkan Naples dengan kejeniusannya. Maradona sudah jadi warga kehormatan kami pada 2017, Neapolitan dan orang Argentina, Anda memberikan kebahagiaan serta kesenangan untuk kami. Naples mencintaimu!

sumber | detikSport

Related posts

Leave a Comment