Pilkada Medan Berlangsung dengan Protokol Kesehatan Ketat

Pilkada Medan berlangsung

topmetro.news – Pilkada Medan berlangsung dengan aman dan lancar, Rabu (9/12/2020). Pantauan topmetro.news, selain lancar, aman dan tertib, pelaksanaan pesta demorasi itu juga berjalan dengan protokol kesehatan ketat.

Sebagaimana terpantau pada TPS VIII Lingkungan X Kelurahahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas, para petugas terlihat menggunakan APD. Mereka menggunakan ‘face shield’, sarung tangan, dan lainnya.

Nampak pada jalur masuk ke TPS, alat pencuci tangan sudah tersedia, lengkap dengan sabun. Seorang petugas sudah standby dekat alat cuci tangan tersebut untuk memandu dan mengukur suhu. Sekaligus memberikan tisu bagi warga yang sudah selesai mencuci tangan.

Selanjutnya, petugas lainnya memberikan sarung tangan plastik kepada warga. Selanjutnya, petugas memandu warga untuk menjalankan proses pemilihan.

Yakni, mengambil surat suara, masuk ke bilik pencoblosan, melakukan pemilihan, lalu memasukkan kertas suara ke kotak yang sudah tersedia. Semua dengan pengawasan petugas serta tetap menjaga jarak.

Usai memberikan hak pilih, saat akan keluar dari lokasi TPS, warga kembali dapat panduan dari petugas untuk melepaskan sarung tangan. Kemudian melakukan penetesan tinta ke jari.

Sebelum meninggalkan TPS, warga diarahkan mencuci tangan yang sudah tersedia juga di pintu keluar. Seorang petugas sudah standby memberikan tisu kepada warga.

Bilik Khusus TPS

Pada bagian luar TPS, terlihat tersedia sebuah bilik suara khusus untuk mereka dengan suhu di atas ketentuan. Bilik suara itu terbuat dari plastik dengan ukuran kurang lebih 50 x 50 cm dengan tinggi kurang lebih 2 meter.

Sementara untuk antusiasme warga, menurut pantauan, meski terlihat meningkat dari Pilkada Medan sebelumnya, masih belum sesuai harapan. Ada dugaan, karena khawatir dengan pandemi, masih warga banyak yang memilih untuk tidak datang ke TPS.

BACA JUGA | Didampingi Isteri dan Anak-anaknya, Akhyar Berjalan Kaki ke TPS

Suasana kurang lebih serupa, tampak juga pada TPS-TPS lainnya seputaran Medan Amplas dan Medan Kota. Baik tata cara pemilihan, maupun suasana dan tingkat antusiasme warga.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment