Unggul Hitung Cepat, HBB Ucapkan Selamat untuk Pasangan Bobby-Aulia

Tewasnya Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat, anggota Brimob dari Jambi dalam insiden penembakan di Jakarta, Jumat (8/7/2022) lalu, menjadi perhatian publik

topmetro.news – Tahapan Pilkada Kota Medan secara umum berjalan dengan baik, Rabu (9/12/2020). Usai proses pencoblosan pada TPS, dalam hitung cepat (quick count), sejumlah lembaga survei menyatakan Pasangan Nomor Urut 2 Bobby-Aulia unggul dari Pasangan Nomor Urut 1 Akhyar-Salman.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Horas Bangso Batak Lamsiang Sitompul SH MH mengucapkan selamat kepada Pasangan Bobby-Aulia. “Tanpa bermaksud mendahului keputusan KPU, namun melihat tren peningkatan perolehan suara menurut hitung cepat, Pasangan Bobby-Aulia sudah unggul. Atas nama Horas Bangso Batak, kami mengucapkan selamat,” ujar Lamsiang, Rabu (9/12/2020).

Namun Lamsiang Sitompul juga menegaskan, bahwa keputusan KPU-lah nantinya yang menjadi penentu.

Demikian pun, Lamsiang mengajak seluruh warga Kota Medan kembali bersatu. Walau beda pilihan dan dukungan pada pemilihan walikota yang merupakan proses demokrasi, harus tetap kembali bersatu dan mengkawal proses pembangunan kota ke depan. “Kita adalah warga Medan yang cinta akan kota kita ini. Jangan hanya karena perbedaan pilihan dan dukungan, hubungan kita sesama masyarakat jadi terpecah,” ujarnya.

Perubahan Kota Medan

Sementara itu, terpisah Ketua DPC HBB Kota Medan Tomson M. Parapat SH juga mengucapkan selamat atas perolehan sementara untuk Pasangan Bobby-Aulia. “Kita percaya, pemenang pilkada kali ini adalah pilihan masyarakat Kota Medan. Adanya perbedaan, sesungguhnya untuk memperkuat kita. Mari kita dukung yang terpilih untuk melakukan perubahan untuk Kota Medan,” ujarnya.

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, hasil hitung cepat atau ‘quick count’ tiga lembaga survei pada Pilkada Medan 2020, Rabu (9/12/2020), hingga pukul 14.03 WIB, menunjukkan Pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman sementara unggul.

Hitung cepat dari Voxpol, Akyhar-Salman meraih 40,05 persen. Sementara Bobby-Aulia 59,94 persen. Selanjutnya, hitung cepat Poltracking, Pasangan Akhyar-Salman mendapat 44,83 persen. Sementara Bobby-Aulia 55,17 persen.

Sedangkan hitung cepat Populi Center menunjukkan Akhyar-Salman memperoleh 48,07 persen. Kemudian, Bobby-Aulia 51,93 persen.

Hasil ‘quick count’ bukanlah hasil resmi. KPU nantinya akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilkada Medan 2020.

Ada dua paslon yang ikut Pilkada Medan 2020. Yakni Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (AMAN) dan Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman.

Pasangan Akhyar-Salman maju dengan dukungan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan Pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman mendapat dukungan dari PDI-P, Gerindra, PAN, PPP, PSI, Hanura, Golkar, dan NasDem.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment