Ketua DPRDSU: BWSS II jangan Seperti Pemadam Kebakaran Tangani DAS Banjir

semua sungai di Medan

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengingatkan BWSS II (Balai Wilayah Sungai Sumatera II) jangan bertindak seperti pemadam kebakaran, dalam menangani banjir dari DAS (Daerah Aliran Sungai). Tapi harus aktif mengeruk semua sungai di Medan menjadi tanggungjawabnya.

Baskami Ginting menyampaikan hal itu dalam reses I tahun sidang II 2020-2021, menanggapi keluhan warga soal banjir di DAS Babura, di Jalan Gereja Kelurahan Beringin Kecamatan Medan Selayang, Kamis (17/12/2020). Hadir para warga dan Lurah Beringin Nas Hamonangan R SH.

Baskami juga meminta BWS II jangan hanya menunggu datangnya bencana banjir baru tergerak bekerja. Tapi buat perencanaan pekerjaan sedini mungkin. Sehingga saat bencana banjir datang dapat tertangani. “Saya tidak ingin warga Medan dan Sumut terus menjadi korban bencana banjir, karena kelambanan pekerjaan BWSS II. Jika hal ini terus berulang, saya akan laporkan ke Menteri PU/PR untuk mengevaluasi kinerja kepala balai,” tegasnya.

Perbaikan Bantaran Sungai

Ketua DPRD Sumut dari FPDI Perjuangan ini mengatakan, banjir terjadi akibat curah hujan tinggi sampai 550 mm dan perlu segera ada perbaikan di bantaran sungai yang menjadi penyebab banjir. Di antaranya terjadinya kedangkalan sungai.

Dari hasil pemantauan di lapangan perlunya ada beberapa perbaikan. Seperti membuat dam pengendali air dan memperkokoh tebing sungai agar tidak jebol. Serta melakukan normalisasi semua sungai di Medan dengan terus melakukan pengerukan lumpur yang merebak di hampir seluruh sungai.

Baskami juga minta BWSS II menggerakkan semua dan menambah alat berat yang ada. Agar penanganan darurat bencana di Kota Medan dapat segera selesai. Karena berdasarkan informasi dan laporan BMKG curah hujan masih akan tinggi hingga awal 2021.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment