Enam Tips Agar Tetap Fit Saat Liburan

TOPMETRO.NEWS – Melakukan perjalanan traveling di waktu libur panjang memang sangat menyenangkan. Namun, meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan.

Setiap orang memang tidak akan pernah tahu, kapan kondisi tubuh akan drop. Jika hal itu terjadi pada saat Anda tengah menjalani liburan bersama teman atau keluarga, tentu masalah tersebut akan sangat menganggu dan merusak kebahagiaan Anda. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan kesehatan fisik ketika hendak berliburan. Berikut tips-nya agar tetap fit selama menjalani liburan, yang dilansir dari laman Times of India.

Ubah pola pikir

Biasanya, saat berlibur, yang ada dalam pikiran adalah melakukan wisata kuliner. Hal ini, tentu bisa merusak berat badan Anda. Berat badan dipastikan akan bertambah saat liburan dijalankan. Jika tak ingin hal ini terjadi Ahli Nutrisi dan Ahli Diet Klinis asal India, Pooja Makhija mengatakan, bahwa kunci utamanya, Anda harus mengubah pola pikir. Jika awalnya Anda berambisi untuk berburu makanan, cobalah untuk mengubahnya dengan berburu pemandangan indah.

Anda bisa berlatih teknik visualisasi. Misalnya, Anda bisa mulai dengan membayangkan diri Anda tiba di tempat tujuan Anda, memusatkan perhatian pada tempat, orang-orang, monumen, naik perahu dan mendapatkan perawatan spa. Semakin banyak unsur non-makanan yang Anda ‘lihat’, semakin sedikit kesempatan bagi Anda untuk pesta dan konsumsi makanan yang menggemukkan.

Atur rencana

Sebelum melakukan kegiatan liburan, perbanyak aktivitas olahraga. Atau atur pola makan Anda seminggu sebelum Anda bepergian. Gunakan akses internet, untuk merencanakan menu apa saja yang bisa Anda konsumsi saat berada di sana. Dari situ, Anda juga bisa mempelajari masakan lokal dan memilih pilihan sehat untuk beberapa kali makan.

Konsumsi buah

Saat berkeliling ke tempat wisata saat liburan, usahakan membawa buah dan kacang-kacangan di dalam tas. Ini akan jadi camilan ringan yang membantu Anda mengurangi rasa lapar dan meredam keinginan untuk menikmati jajanan tak sehat.

Selektif pilih makanan

Anda tidak perlu merasa bersalah saat tidak bisa menikmati makanan lezat di lokasi tempat Anda berlibur. Akan lebih baik, pilih satu kali makan sehari di mana Anda bisa makan apapun yang Anda mau. Pastikan dua makanan lainnya adalah makanan ringan.

Perbanyak jalan

Meski sedang berlibur, jangan lupakan olahraga. Caranya sederhana, hanya perbanyak berjalan sebagai pengganti olahraga. Selalu ingat bahwa tempat baru paling baik ditemukan dengan berjalan kaki. Berjalanlah sebanyak mungkin.

Banyak minum

Terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh sangat penting diperhatikan ketika tengah berlibur. Bawa sebotol air kemanapun Anda pergi, hal ini bisa membantu membuat tubuh tetap segar. (TMN)

Related posts

Leave a Comment