Survei: Menstruasi Hambat Produktivitas Kaum Wanita

TOPMETRO.NEWS – Nyeri saat menstruasi kerap dialami sebagian besar kaum wanita. Survei yang dilakukan terhadap 1.000 perempuan menunjukkan bahwa 90 persen dari mereka mengalami nyeri saat menstruasi. 52 Persen diantaranya mengaku bahwa menstruasi mengganggu pekerjaan mereka.

Anie Rachmayani, Associate Marketing Director, Consumer Health, PT Merck Tbk, mengatakan sebagian besar responden merasakan nyeri 1-4 hari sebelum menstruasi dengan gejala penyerta lain seperti badan pegal dan kram perut ringan.

“Kalau saat menstruasi, gejala menjadi lebih parah seperti lemas, pusing, nyeri perut tak tertahankan, dan cepat lelah,” ujar dia pada temu media peluncuran ‘Sangobion Femine Menstrupain’ di Jakarta, belum lama ini dilansir dari Suara.com.

Sebagian besar perempuan yang menjadi responden, berusaha mengatasi nyeri saat menstruasi dengan minum jamu, pijat, mengurangi aktivitas, istirahat, dan mengonsumsi pil pereda nyeri.

Dalam kesempatan yang sama, dr Prapti Utami, ahli obat herbal mengatakan bahwa beberapa tanaman asli Indonesia memang memiliki khasiat dalam mengatasi nyeri saat menstruasi. Beberapa diantaranya seperti kunyit, asam jawa, daun jambu biji, tapak liman dan tanaman Vitex agnus castus fructus yang dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia.

“Terapi herbal yang melibatkan kunyit, asam, daun tapak liman, daun jambu biji, dan vitex memang telah dibuktikan dengan uji klinis dapat meringankan nyeri saat menstruasi,” pungkas dia.(TMN)

Related posts

Leave a Comment