Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH Resmi Buka Forum Konsultasi Publik Bahas RKPD 2022

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH Resmi Buka Forum Konsultasi Publik Bahas RKPD 2022

Topmetro.news Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, resmi  membuka  forum konsultasi publik tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan RKPD (Rencana Kegiatan Program Daerah) Kabupaten Karo tahun 2022.

Pembukaan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Plt Asisten I Dapit Trimei Sinulingga, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, Kamis (21/1/2021)  di Aula lantai 3 kantor bupati, Kabanjahe.

Dalam sambutannya, Bupati Karo menyebutkan, forum konsultasi publik merupakan media antar pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

“Konsultasi publik ini  rancangan awal tahun 2022, diharapkan dapat menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap prioritas, sasaran dan program pembangunan daerah. Sehingga dapat pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Karo secara  bersinergi,” paparnya.

Ditambahkan Bupati, dalam program pembangunan Kabupaten Karo tahun 2021 ini, diangkat tema “Pemulihan ekonomi masyarakat dampak pandemi Covid-19”.

Penekanan program ini harus memprioritaskan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Diantaranya meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur. Untuk pemilihan ekonomi dan ketahanan bencana, peningkatan ekonomi masyarakat pasca Covid-19. Serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan reformasi birokrasi.

Bahas RKPD 2022

Dengan adanya forum ini, katanya, penyusunan rancangan awal RKPD Karo tahun 2022 segera dapat diselesaikan. Agar  digunakan sebagai bahan acuan usulan masyarakat terkait hibah, Bansos, Musrenbang desa/kelurahan, Musrenbang kecamatan, pengisian pokok pokok pikiran DPRD dan bahan penyempurnaan rancangan awal perangkat daerah.

“Semua itu sangat menentukan kualitas dan keterpaduan perencanaan pembangunan daerah untuk capaian kualitas kinerja pembangunan. Mari kita  berperan aktif sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sehingga di awal RKPD Karo 2022 dapat menghasilkan prioritas, sasaran. Dan program pembangunan daerah  yang tepat dan berpihak kepada kepentingan masyarakat,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi membenarkan forum konsultasi publik ini akan memfinalkan dan menyimpulkan program RKPD tahun 2022. Sebagai panduan dan acuan  perangkat daerah dalam menyusun rancangan dan pengendalian pembangunan di Karo.

Reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment