#

DPRD Medan Usulkan Ranperda Penanggulangan dan Pengendalian Covid 19

DPRD Medan Usulkan Ranperda Penanggulangan dan Pengendalian Covid 19

Topmetro.news – Terus meningkatkan jumlah positif Virus Corona atau Covid 19 di Kota Medan, mendorong DPRD Kota Medan menggagas pembentukan Rancangan Peraturan Daerah atau Ranperd Kota Medan tentang Penanggulangan dan Pengendalian Covid 19.

Anggota Komisi II DPRD Medan, Afif Abdillah menerangkan pembentukan ranperda tersebut sangat mendesak. Untuk memberikan kepastian terhadap penanggulangan dan pengendalian Covid 19 di Kota Medan. Selain itu, perda tersebut juga akan memberikan aturan yang jelas mengenai sanksi secara administrasi maupun hukuman terhadap pelanggaran Covid 19.

“Kita melihat saat ini, tidak ada ketegasan maupun kejelasan mengenai aturan penanganan dan penanggulangan Covid 19 di Kota Medan. Sehingga, kita menginisiasi hadirnya perda ini di Kota Medan untuk memberikan kepastian hukum mengenai aturan dalam penanganan dan penanggulangan Covid 19,” ungkap Afif kepada topmetro.news, Selasa (2/2).

Dalam perda tersebut, kata Ketua Fraksi Partai Nasdem itu, nantinya menegaskan tentang aturan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan). Begitu juga bagi pelanggaran terhadap aturan tersebut, telah ditegaskan mengenai sanksi-sanksinya.

“Peraturan Walikota itu tegas namun disisi lain ada keterbatasan. Kita mau perda ini menjadi senjata yang mempunyai kekuatan hukum. Sehingga semua menjadi clear,” bebernya.

Dia mengaku, pihaknya akan mendorong Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Medan untuk memprioritaskan ranperda tersebut. Agar segera dibahas di tingkat DPRD Kota Medan sebagai ranperda insiatif.

“Kita berharap, melalui perda ini masyarakat Kota Medan dapat terlindungi dari penyebaran Covid 19,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Kota Medan, Edwin Sugesti membenarkan Ranperda tentang Penanggulangan dan Pengendalian Covid 19 menjadi salah satu ranperda prioritas yang masuk dalam prolegda DPRD Kota Medan tahun 2021.

“Ranperda ini menjadi salah satu ranperda prioritas yang akan kita bahas karena menyangkut kesehatan masyarakat Kota Medan. Kita akan tetapkan pada rapat paripurna mendatang,” bilang Edwin.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment