Cascara Alias Kulit Kopi yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

kulit kopi

TOPMETRO.NEWS – Cascara, kulit buah kopi yang banyak dikonsumsi sebagai teh herbal ini memiliki rasa yang menyegarkan. Tak hanya itu, cascara juga mengandung beragam nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cascara terbuat dari kulit buah kopi dan sering kali diolah serta dikonsumsi sebagai teh herbal. Selain rasanya yang menyegarkan, cascara atau coffee cherry dikenal juga dengan aromanya yang khas.

Kulit Kopi Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Sebagian orang yang pernah mencobanya menilai teh cascara memiliki aroma yang hampir serupa dengan buah apel, persik, jeruk, dan kayu manis.

Manfaat Cascara untuk Kesehatan

Cascara mengandung banyak Oleh karena itu, teh cascara dianggap sebagai salah satu minuman yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat cascara untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Cascara diketahui baik untuk melancarkan pencernaan. Manfaat cascara ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain itu, cascara juga kaya akan antioksidan yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik atau probiotik pada usus.

Beberapa riset juga menyebutkan bahwa konsumsi teh yang mengandung antioksidan tinggi, seperti teh hijau dan cascara, dapat meringankan gejala penyakit tukak lambung dan radang usus.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Cascara kaya akan antioksidan, khususnya polifenol, yang baik untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat paparan radikal bebas. Antioksidan merupakan salah satu jenis zat yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa makanan atau minuman yang tinggi antioksidan, termasuk teh cascara, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Namun, manfaat cascara yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Menjaga kesehatan jantung
Tak hanya kaya akan antioksidan polifenol, teh cascara juga banyak mengandung cholorogenic acid. Beberapa riset menunjukkan bahwa zat tersebut diketahui baik untuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Efek ini membuat cascara baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, misalnya penyakit jantung.

4. Menurunkan kadar gula darah
Konsumsi kopi dan teh, termasuk teh cascara, diketahui dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Beberapa riset juga menyebutkan bahwa konsumsi teh dan kopi dapat mengurangi risiko terjadinya resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Namun, agar lebih sehat, usahakan untuk tidak menambah gula atau pemanis tambahan pada teh cascara.

5. Memelihara fungsi dan kesehatan otak
Teh cascara juga diketahui baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Ini berkat kandungan antioksidan dan kafein pada cascara. Kafein merupakan zat stimulan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta melawan rasa kantuk.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi dan teh, termasuk teh cascara, dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi otak yang menjadi penyebab demensia atau pikun.

Meski demikian, kafein pada teh cascara mungkin bisa menimbulkan efek samping, seperti sulit tidur, dada berdebar, dan perasaan cemas. Oleh karena itu, orang yang memiliki kondisi medis tertentu, misalnya gangguan cemas, perlu membatasi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh cascara.

Cara Menikmati Teh Cascara

Teh cascara dapat dinikmati dalam kondisi hangat maupun dingin. Berikut ini adalah cara pengolahan teh cascara yang dapat Anda coba:

Tuangkan 3 sendok makan cascara kering ke dalam cangkir.
Tambahkan air panas secukupnya dan tunggu selama 5–7 menit hingga warna air seduhan mulai berubah.
Saring hasil seduhan dan teh cascara hangat siap untuk dinikmati.
Jika ingin menikmati teh cascara dingin, Anda bisa menambahkan es pada teh cascara tersebut.
Teh cascara merupakan salah satu minuman sehat yang bisa dikonsumsi siapa saja. Namun, untuk mencegah efek samping kafein yang terkandung di dalamnya, Anda sebaiknya membatasi konsumsi teh cascara, tidak lebih dari 2–3 gelas per hari.

Usahakan juga untuk tidak mengonsumsi teh cascara menjelang tidur di malam hari, karena bisa membuat Anda lebih sulit tidur.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat teh cascara bagi kesehatan atau memiliki kondisi medis tertentu dan ingin memastikan apakah cascara aman untuk dikonsumsi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

TOPIK TERKAIT | Istri Puas di Ranjang, Cuma Pakai Jahe, Kopi, Merica dan Telur, Gini Caranya

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, istri puas di ranjang, impian setiap suami. Memang, penting agar pasangan Anda juga mendapatkan kepuasan yang sama ketika bercinta. Diakui atau tidak, hubungan intim berperan besar dalam keharmonisan rumah tangga. Salah satunya, durasi serta ketahanan sampai pasangan mencapai klimaks.

Seringkali, Dads mencari cara atau obat kuat tahan lama bercinta dengan Moms. Obat kuat tahan lama di ranjang ternyata bisa diracik sendiri lo, Dads.

Resep obat kuat tahan lama bercinta ini merupakan warisan turun-temurun nenek moyang kita. Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong alami dan mudah didapatkan di sekitar Dads.

penulis | jeremitaran
Sumber | alodokter

Related posts

Leave a Comment