Gubsu, Ketua DPRDSU, Bupati Karo, dan Deli Serdang Bahas Pembukaan Jalan Tembus Karo-Deli Serdang

jalan tembus Karo

topmetro.news – Gubsu Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan membahas pembukaan jalan tembus Desa Barusjahe Karo menuju Desa Rumah Liang Kabupaten Deli Serdang, Selasa (23/2/2021), di Rumah Dinas Gubernur.

Rencana pembukaan jal;an tersebut bermaksud untuk mengatasi kemacetan jalur Medan-Berastagi. Hadir juga Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi, Kadis PUPR Eduward P Sinulingga, Kadis LHK Radius Tarigan, dan para Kepala OPD Deliserdang.

Dalam pertemuan ada kesepakatan, agar Gubernur memfasilitasi ke Kemen LHK untuk mengurus izin pinjam pakai kawasan hutan konservasi.

“Pada prinsipnya saya setuju, jalan akses Desa Barus Jahe Karo via Rumah Liang Kabupaten Deli Serdang dapat segera terkoneksi. Apalagi tinggal sedikit lagi akan tembus. Hanya beberapa km melintasi kawasan hutan konservasi sebagai penghalang,” ujar Gubsu. Ia pun mengatakan kesiapannya memfasilitasi ke Menteri LHK, sepanjang persyaratannya sudah lengkap.

Menurut Edy, Karo dan Deli Serdang merupakan kabupaten yang sejak dulu memiliki historis. Sehingga pihaknya akan memperjuangan ke Menteri LHK agar izin pemanfaatan kawasan hutan konservasi bisa turun.

“Kita upayakan melobi ke sana. Terlebih MoU (Memorandum of Understanding) antara dua kabupaten sudah saya terima. Kesepakatan tersebut modal saya berbicara ke Ibu Menteri LHK Siti Nurbaya,” jelas Edy.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting sangat mendukung kebijakan dan langkah Gubernur. Dan lembaga legislatif juga siap melobi secara politik. Sebab tugas DPRD Sumut mengawal dan menggolkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pada kesempatan yang sama Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengucapkan terimakasih kepada Gubsu. Bahwa Jalan Desa Rumah Liang-Desa Barusjahe sudah disetujui dilanjutkan pembukaannya, yang sempat tertunda akibat kawasan hutan.

“Dengan hadirnya Pemprov Sumut, kami yakin dan berharap dalam waktu dekat ini pihak Kemen LHK sudah dapat memberikan izin pemakaian kawasan hutan. Sehingga pembukaan jalan antara kedua belah pihak dapat lanjut lagi,” katanya.

Bupati Karo Apresiasi

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan sangat senang dengan pertemuan tersebut. Apalagi Gubernur telah menyetujui memfasilitasi ke Kementerian LHK. Tentunya kebijakan itu patut mendapatkan apresiasi.

“Masyarakat Karo dan Deli Serdang akan mengulangi masa lampau semasa ada jalan eksisting ‘pelanja sira’ zaman dulu. Dan budaya saling kunjung-mengunjungi akan terulang lagi,” katanya.

Selain itu, tambah Bupati Karo, akses jalan ini juga dapat memperpendek jarak tempuh dari Karo ke Bandara Kualanamu Internasional. Demikian juga jalur menuju KSPN (Kawasan Strategis Parawisata Nasional) Danau Toba.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment