Ulik Desain Agresif SUV Murah Korea, Kia Sonet

Kia Sonet

topmetro.news – Meramaikan pasar compact sport utility vehicle ( SUV), PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang merek Kia di Tanah Air, resmi merilis Kia Sonet pada November 2020 lalu.

Tampilan desain adik dari Kia Seltos tersebut, mampu memberikan sensasi yang baru. Bisa dibilang, rasa agresif tercermin pada desain SUV murah Korea Selatan ini, bila dibandingkan dengan para rival yang bermain di segmen SUV murah.

Karakter sebuah SUV sudah langsung terlihat dari tongkrongan depan. Mulai dari kap mesin dengan guratan tebal yang lebar, gril honyecomb yang mengusung bahas desain Tiger Nose, hingga kehadiran underguard.

Menariknya lagi, secara dimensi Sonet terlihat lebih ringkas dengan panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 205 mm. Hal ini yang secara tak langsung memberikan kesan agresif pada visual Sonet.

Selain kokoh, kesan modern juga turut tersemat melalui headlamp yang berbentuk pipih dengan pencahayaan LED serta DRL. Setelah itu, semakin manis dengan aksen krom pada bagian bumper serta rumah fog lamp.

BACA | Mulai Bulan Depan, Beli Mobil Baru di Bawah 1.500 cc Lebih Murah

Kia Minimalis

Masuk ke area samping, sekilas terlihat minimalis lantaran tak ada guratan yang menonjol. Namun hal tersebut justeru menegaskan dimensi compact-nya. Sementara kesan mewah, terwakili dari desain pelek 16 inci.

Dari seluruh sajian desain Kia Sonet, paling unik untuk jadi perhatian adalah struktur pada pilar C. Bentuknya berbeda dari kebayakan SUV lain dengan tarikan ke atas yang seakan membuatnya terlihat besar.

Sementara bagian belakang, konsepnya dibuat ringkas dan minimalis. Didukung dengan lampu LED horizontal di bagian tengah layaknya list yang memanjang. Sebagai pelengkap, tak lupa ada roof rail pada bagian atap.

Kia resmi memasarkan Sonet mulai dari Rp193 juta hingga Rp289 juta untuk varian tertinggi seperti yang redaksi uji, yakni Premiere iVT.

Meski bermain di segmen SUV murah, namun bila bicara dari segi rival, paling sepadan Sonet berhadapan dengan Honda HR-V 1.5L dan Nissan Magnite yang sama-sama mengusung konfigurasi lima penumpang.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment