Manfaatkan Dana Desa, Kayu Menang Aceh Singkil Kembangkan Destinasi Wisata Teluk Bayu

pariwisata Aceh Singkil

topmetro.news – Perkembangan pariwisata di Aceh Singkil terus tumbuh. Selain menjadi program prioritas pemkab, juga dapat dukungan penuh para pemerintah desa.

Salah satunya Desa Kayu Menang Kecamatan Kuala Baru yang di mana terus berbenah menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar dari menjual keindahan pantainya.

Destinasi wisata Teluk Bayu yang dikelola oleh BUMK setempat bisa memvulgar dan menjadi sumber PAD. Pantai yang sebelumnya tidak terurus menjadi indah tanpa ada melakukan pengerusakan.

Seperti kata Syafril Ketua BUMK Kayu Menang. Bahwa para pemerintah desa dan masyarakat berkomitmen dalam hal menjadikan pantai sebagai sumber penghasilan.

“Kami sepakat untuk mengelola pantai yang sebelumnya hanya sebagai tempat keluar masuk para nelayan, menjadi destinasi wisata nan asri,” ucap Syafril, Jumat (26/2/2021).

Pantai ini divulgar sejak tahun 2019 yang lalu dengan biaya Rp240 juta. Namun pada tahun 2020 sempat tertahan akibat wabah pandemi.

“Namun Alhamdulillah. Pada tahun ini sudah rampung. Dan bertepatan Bapak Bupati Aceh Singkil bisa hadir meresmikannya. Dan semoga ke depan bisa mejadikan destinasi wisata kelas menengah,” ujarnya.

“Selain menyuguhkan keindahan pantainya, kita juga sudah merestorasi dengan membangun gazebo, kantin, mushola. Dan spot mancing bagi para ‘angler’, yakni rumah ikan satu kilometer dari bibir pantai,” paparnya.

Dukungan Pemkab Aceh Singkil

Sementara itu Bupati Aceh Singkil Dulmusrid di sela-sela acara peresmian mengatakan, bahwa setiap desa yang berupaya meningkatkan PAD harus terus dapat dukungan.

“Pemkab tentunya sangat mendukung dan mengapresiasi pemerintah desa yang bisa mengelola anggaran dana desa dengan maksimal,” kata Dulmusrid.

Dengan begitu, kata bupati, maka desa tersebut akan maju. “Lihatlah potensi desa masing-masing dan kelola lah. Jadikan itu menjadi sumber pemasukan bagi PAD desa,” sebutnya.

“Manfaatkanlah anggaran dana dengan sebaik-baiknya. Ambillah sesuai hak. Kalau bukan hak kita jangan sesekali diambil,” tegasnya.

Masih kata bupati,bahwa destinasi wisata Teluk Bayu itu akan bisa terus berkembang. “Karena sebentar lagi desa ini akan menjadi lintasan menuju Provinsi Aceh, setelah pembangunan Jembatan Kilangan selesai,” tandasnya.

Dari beberapa sumber yang dihimpun media, bahwa Desa Kayu Menang adalah desa pertama peradaban pemukiman masyarakat Aceh Singkil, yakni Singkel Lama.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment