Jack Ma Terlempar dari Peringkat Pertama Orang Terkaya China

Pendiri Alibaba

topmetro.news – Pendiri Alibaba dan Ant Group Jack Ma terlempar dari peringkat pertama Daftar Orang Terkaya China yang diterbitkan The Hurun Research Institute, Selasa (2/3/2021).

Mengutip Reuters, daftar terbaru itu menunjukkan Jack Ma berada di posisi keempat. Posisi pertama adalah pendiri sekaligus pemilik perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring yakni Zhong Shanshan.

Posisi kedua Pony Ma dari Tencent Holding dan posisi ketiga Collin Huang, pendiri perusahaan e-commerce Pinduoduo. Sebelumnya, Jack Ma dan keluarganya menempati posisi teratas orang terkaya di China dalam daftar tersebut sepanjang 2019 dan 2020.

“Kejatuhannya dari daftar tiga besar (orang terkaya) terjadi setelah regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah anti-trust,” tulis laporan Hurun.

BACA JUGA | Jack Ma, Si Pemilik Alibaba Grup Awalnya Tak Mengerti Komputer

Pidato Jack Ma

Seperti diketahui, keterpurukan Jack Ma baru-baru ini terpicu oleh pidatonya pada 23 Oktober 2020. Di mana Jack mengecam sistem peraturan China, yang menyebabkan penangguhan IPO Grup Ant senilai US$37 miliar.

Regulator China sejak itu memperketat pengawasan anti-trust di sektor teknologi. Terutama dengan melakukan penyelidikan anti-trust kepada Alibaba pada Desember 2020.

Regulator China juga mulai memperketat cengkeraman mereka di sektor fintech. Serta meminta Ant Group untuk mengubah bisnisnya menjadi perusahaan induk jasa keuangan konvensional.

Jack Ma yang tidak terkenal tak pernah menghindar sorotan, kemudian menghilang dari mata publik selama sekitar tiga bulan. Hal ini sempat memicu spekulasi heboh tentang keberadaannya sebelum akhirnya ia muncul kembali pada Januari lalu dengan penampilan video berdurasi 50 detik.

Orang terkaya China saat ini, Zhong Shanshan menempati posisi teratas berkat kinerja harga saham Nongfu Spring dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise.

Sementara Pony Ma dari Tencent mengalami peningkatan kekayaannya 70 persen sepanjang tahun menjadi 480 miliar Yuan (US$74,16 miliar). Sementara kekayaan Collin Huang dari Pinduoduo tumbuh 283 persen menjadi 450 miliar Yuan.

Selain keempat orang tersebut, Zhang Yiming pendiri pemilik TikTok ByteDance, untuk pertama kalinya masuk ke peringkat lima besar di antara miliarder China. Perkiraan kekayaan pribadinya mencapai US$54 miliar.

sumber | CNN Indonesia

Related posts

Leave a Comment