Dukung KLB, Barisan Massa Demokrat Minta AHY Mundur dari Jabatan Ketum

Barisan Massa Demokrat

topmetro.news – Barisan Massa Demokrat (BMD) menyatakan dukungannya terhadap agenda KLB (Kongres Luar Biasa) Partai Demokrat yang rencananya berlangsung dalam waktu dekat.

Salah satu tuntutan Barisan Massa Demokrat adalah meminta Agus Harimurti Yudhoyono mundur dari jabatan Ketua Umum.

Ketua Barisan Massa Demokrat (BMD) Supandi R Sugondo menyampaikan hal itu kepada wartawan, Selasa (2/3/2021). “Barisan Massa Demokrat (BMD) meminta Agus Harimurti Yudhoyono mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat,” kata Supandi.

Supandi mengatakan, AHY patut mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat karena sudah bersikap otoriter. Hal tersebut tampak, ketika AHY dengan mudahnya memecat kader partai tanpa melakukan pemangggilan atau pun konfirmasi.

“AHY tidak mampu menangani internal partai,” ujarnya.

Tak hanya itu, Supandi mengatakan Barisan Massa Demokrat juga meminta pembatalan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Partai Demokrat 2020-2025. Lantaran, sambungnya, AD/ART tersebut di luar sidang seperti lazimnya.

BACA JUGA | Buntut Pemecatan Kader, Wacana KLB Partai Demokrat Menguat

Menghitung Hari KLB

Sebelumnya, mantan anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua, meyakini kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat tidak akan lama lagi berlangsung.

“Kami mengajak Anda menunggu kapan KLB itu akan dilaksanakan. Kita ikuti lagu saja, ‘Menghitung Hari’ itu,” ucap Max Sopacua, Senin (1/3/2021).

KLB ini, menurut Max, akan mengembalikan Partai Demokrat sebagai partai terbuka, dan tidak lagi menjadi partai satu golongan atau keluarga.

Oleh karena itu, Max mengajak kader Partai Demokrat dari Sabang hingga Merauke yang ingin meluruskan jalan Partai Demokrat sesuai dengan tujuan awalnya, dengan menghadiri KLB.

“Partai yang terbuka, partai rakyat dan milik semua. Bukan milik keluarga,” tegasnya.

Max berjanji, dengan gelaran KLB Partai Demokrat, hak-hak yang kader-kader partai tidak akan hilang.

Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat disebut-sebut akan digelar dalam waktu dekat atau pada Maret 2021. Hal tersebut merupakan inisiasi dari beberapa pendiri partai yang menghendaki diadakannya KLB.

Kongres tersebut untuk mengganti kepemimpinan Partai Demokrat saat ini, yakni putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut Darmizal, salah seorang kader senior yang kena pecat, KLB ini berlangsung karena partai telah berjalan secara eksklusif. Selain itu terdapat kebijakan-kebijakan partai yang memberatkan kader-kader di daerah.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment