Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH Resmi Buka Acara Forum Perangkat Daerah 2021

Forum Perangkat Daerah Karo

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH membuka secara resmi acara Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Karo Tahun 2021, Kamis (4/3/2021), di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

Terkelin Brahmana dalam sambutannya mengatakan, Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Karo Tahun 2021 ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan rencana pembangunan tahun 2022. Juga sebagai tindak lanjut dari Musrembang Desa dan Kecamatan.

“Hasil dari forum ini akan menjadi masukan dan penyempurnaan rancangan kerja perangkat daerah. Yang dituangkan dalam penyusunan rancangan RKPD Karo Tahun 2022,” tandasnya.

“Di samping itu, ujar Bupati Karo, forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah akan menyelaraskan program antara lintas perangkat daerah dan penajaman indikator dan target kinerja sesuai tupoksi,” tambahnya.

Selain itu, ujarnya, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif masing masing perangkat daerah.

“Guna menciptakan konsep pembangunan yang baik, haruslah didukung dengan data yang valid dan akurat. Sebab selama ini kelemahan dan perencanaan pembangunan kurang tersedianya data. Dampaknya, sulit menyusun arah kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan,” terangnya.

Di sisi lain, hal yang penting menjadi perhatian, sebut Bupati, agar perangkat daerah memanfaatkan anggaran terkait bencana non-alam yaitu pandemi Covid-19, seefektif dan se-efisien mungkin.

Peran DPRD Karo

Sementara itu, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan menyatakan pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah daerah. Untuk menuju pemerintahan yang baik sebagai issue yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini.

“Tuntutan masyarakat kepada pemerintah dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik, sejalan dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat serta globalisasi pergeseran paradigma pemerintahan dari ‘rulling government’ menuju ‘good governance’,” katanya.

Untuk itu, katanya, perlu peran dan fungsi DPRD agar eksekutif dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dan pihaknya berperan sebagai wujud regulator, policy making dan budgeting perencanaan anggaran daerah (APBD).

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, Asisten II Dapat Kita Sinulingga. Asisten III Mulianta Tarigan, Kepala Bapeda Ir Nasib Sianturi MSi, serta para pejabat tinggi pertama. Hadir juga para camat se-Karo.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment