Bupati Karo Sambut Baik Tawaran Unhar Medan Kerjasama Dalam Pendidikan D3-S2

Universitas Harapan Medan

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menyambut baik tawaran Unhar (Universitas Harapan) Medan untuk kerjasama dalam dunia pendidikan. Mulai program studi D3, Sarjana (S1) dan program Pascasarjana (S2).

Hal itu disampaikan Bupati Karo didampingi Kadis Pendidikan Dr Drs Eddi Surianta Surbakti MPd, Kabag Otda Robinson Brahmana, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, Kabag Humas dan Protokol Leo Fransnardo Surbakti, STTP saat menerima audensi rombongan Rektor Unhar Medan, Rabu (10/3/2021) di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

“Pada prinsipnya, Pemkab Karo sangat welcome bagi siapa saja yang ingin menawarkan kerjasama untuk kemajuan Tanah Karo. Pasti kami sangat mendukung, baik dunia pendidikan dan lainnya. Karena mitra pemerintah daerah salah satu adalah stakeholder,” kata Bupati.

Ditambah, ada Tri Dharma Perguruan Tinggi itu suatu kewajiban yang harus diketahui mahasiswa. Baik menyangkut pendidikan, penelitian, dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Tentu orientasi ini harus bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Potensi Tanah Karo

Sekedar mengingatkan dan informasi, Pemkab Karo banyak memiliki potensi dan pernah menjadi ‘pilot project’ Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dari Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Saat itu ada lima kabupaten/kota sebagai ‘percontohan’ (role mode). Yaitu Kabupaten Ende (Provinsi Nusa Tenggara Timur), Kota Surakarta (Provinsi Jawa Tengah), Kabupaten Bau-Bau (Provinsi Sulawesi Tenggara), Surabaya (Provinsi Jawa Timur) dan Kabupaten Karo (Provinsi Sumatera Utara),” urai Bupati.

Keterpilihan tersebut, katanya, menunjukkan Karo telah mendunia dan eksis. Serta kemudian mampu bekerjasama dengan siapa pun. Inilah salah satu contoh bahwa Pemkab Karo sangat welcome. Sehingga siapa pun tidak pernah ragu melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement).

Sementara Rektor Unhar Medan Dr Emmy Erwina mengatakan sangat berterimakasih kepada Pemkab Karo yang telah bersedia bekerjasama dengan mereka dalam bentuk MoU.

Berkaitan dengan itu, katanya, Unhar akan menindaklanjuti apa yang telah menjadi prioritas sekaitan membuat MoU dengan berkordinasi dengan Otda Pemkab Karo. Untuk selanjutnya dituangkan dalam kesepakatan bersama.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment