Setetes Darah Bisa Bantu Monitor Kanker

TOPMETRO.NEWS – Dalam penemuan berpotensi menjadi terobosan besar dunia medis, tim ilmuwan dari Cina menemukan solusi sederhana untuk mendeteksi berbagai bentuk kanker hanya dengan setetes darah.

Periset di Sekolah Ilmu Pengetahuan Universitas Tsinghua mengembangkan alat tes pereaksi (campuran) protein Hsp90a untuk penggunaan masalah klinis.

Sebelumnya, para ilmuwan telah mengidentifikasi sejenis protein HSP diberi nama Hsp90a, dan terdapat di dalam tubuh manusia yang juga dapat digunakan sebagai pendeteksi kanker.

Melalui laporan CGTN TV dikelola pemerintah Tiongkok, peneliti Luo Yongzhang dan timnya menghasilkan protein Hsp90a buatan. Ini berarti mereka dapat ‘menciptakan’ protein, dalam jumlah berapapun, dan kapanpun mereka mau.

Penelitian ini telah digunakan dalam uji klinis melibatkan 2.347 pasien di delapan rumah sakit di Cina. Berdasarkan laporan tersebut, ini merupakan percobaan klinis pertama di dunia menguji apakah protein tersebut bisa menjadi biomarker tumor berguna untuk kanker paru-paru dan telah terbukti berhasil.

Hasil penelitian tersebut kini telah disertifikasi untuk memasuki pasar Cina dan Eropa. Kanker merupakan kelompok penyakit yang melibatkan pertumbuhan sel abnormal dengan potensi untuk menyerang atau menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Pada 2015, sekitar 90,5 juta orang menderita kanker di dunia, dengan sekitar 14,1 juta kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Sekitar 8,8 juta kematian manusia, atau 15,7 persen dari semua kematian di dunia, disebabkan kanker. Di Cina, sebanyak 4,29 juta orang didiagnosis menderita kanker pada 2015, dan 2,8 juta di antaranya meninggal pada tahun tersebut. Demikian seperti dilansir dari Zeenews.(TMN)

Related posts

Leave a Comment