Waka Polda Sumut: Negara Demokrasi Harus Mampu Bentuk Karakter Masyarakat

Waka Polda Sumut Negara Berdemokrasi Harus Mampu Bentuk Karakter Masyarakat

topmetro.news – Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto menyebutkan, negara berdemokrasi harus mampu membentuk karakter masyarakat yang lebih baik.

“Modal dasar negara harus sejahtera, aman dan kondusif,” ujar jenderal bintang satu tersebut, pada Rabu (17/3/2021) sore.

Pandangan itu disampaikan mantan Kapolrestabes Medan tersebut dalam pemaparannya pada acara Forum Diskusi Grup (FDG) yang dilaksanakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia (RI) di Hotel Radisson, Jalan Adam Malik, Kecamatan Medan Barat, Rabu (17/3/2021).

FDG mengambil tema ‘Pengaruh Politik Identitas Terhadap Demokrasi di Indonesia’ itu turut dihadiri Gubernur Lemhanas RI Letjen TNI (Purn), Agus Widjojo, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Tokoh Agama, Pembantu Rektor III UMSU serta undangan lainnya.

Dalam pemaparannya, Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, mengatakan sistem perpolitikan di Sumatera Utara sudah berjalan dengan baik, dibuktikan dengan lancarnya pesta demokrasi sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Lancarnya proses pesta demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun memberikan apresiasi kepada penyelenggara keamanan,” katanya.

Dadang mengungkapkan, partisipasi masyarakat di pemilihan umum (pemilu) mengalami peningkatan dari 40 hingga 70 persen dibeberapa wilayah di Sumatera Utara.

“Artinya sistem perpolitikan di Sumut sudah semakin dewasa. Tentunya semua ini tetap dihadapi dengan berbagai tantangan,” ujarnya, menambahkan negara mengadopsi paham demokrasi kalau berbicara tentang politik identitas.

“Makanya realisasi politik dalam negera demokrasi dengan dilaksanakan pemilu. Walaupun adanya kelompok-kelompok namun tidak menimbulkan perpecahan,” pungkas Dadang.

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment