Madina Digoyang Gempa 5.6 SR

TOPMETRO.NEWS – Gempa bumi melanda Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara  dengan kekuatan 4.6 Skala Richter (SR), Sabtu (6/5) pukul 17:21.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, gempa bumi terjadi pada posisi episenter di koordinat 0,71 LU dan 99,56 BT, dengan kedalaman 10 Km.

Gempa bumi ini juga dirasakan di Penyabungan, Kabupaten Madina dengan intensitas gempa bumi I SIG-BMKG (I-II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan.

“Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I, gempabumi ini berada pada zona sesar besar Sumatera segmen angkola, dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi dangkal,” terang Syahnan.

Syahnan juga mengatakan kekuatan gempa bumi ini tidak terlalu besar, sehingga diharapkan tidak sampai menimbulkan kerusakan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BBMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir Pantai Barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ungkap Syahnan.(TMN)

Related posts

Leave a Comment