NPC Madina Dilantik, Bupati: Pemerintah Akan Bangun Fasilitas Untuk Atlit Disabilitas

atlit disabilitas Madina

topmetro.news – Pemkab Madina akan membangun sarana dan fasilitas untuk bidang olahraga yang diikuti oleh para atlit disabilitas Madina yang bernaung di dalam National Paralympic Committe (NPC) Of Indonesia.

Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution menyampaikan hal itu saat berpidato dalam acara pelantikan pengurus National Paralympic Committe of Indonesia (NPC) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) masa bakti 2021-2026. Hadir Forkopimda Madina, anggota DPRD Madina Sobir Lubis, Kepala OPD Madina, ulama, dan para atlet NPC Madina.

Acara berlangsung di Taman Raja Batu Blok D Lingkungan Perkantoran Bupati Madina Payaloting, Sabtu (20/3/2021) siang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Madina juga menyatakan, akan mendukung penuh NPC Madina dalam hal melakukan pembinaan para atlet-atlet. Sehingga ke depan dapat membawa harum nama Kabupaten Madina di kancah nasional dan internasional.

“Pemerintah siap untuk mendukung dan membina NPC ini. Karena tidak ada alasan bagi kita untuk merendahkan putra putri kita yang disabilitas. Dan tidak ada juga alasan kita untuk tidak membantu mereka,” ucapnya.

“Nantinya cabang olahraga apa saja yang ada di NPC dan yang ada atletnya di Madina, akan kita bangunkan fasilitasnya di Taman Raja Batu. Dan kepada Kadispora saya minta supaya membuatkan surat ke perusahaan-perusahaan. Agar mereka mendukung atlet kita yang disabilitas ini,” kata Bupati.

“Saya berkeyakinan. Apabila nantinya pihak perusahaan melihat langsung para atlit disabilitas ini berlatih, hati mereka akan bergetar. Dan sudi untuk membantu para atlit kita ini. Saya tidak meminta dana. Hanya saja mereka (perusahaan-red) silahkan membawakan langsung alat-alat sesuai kebutuhan para atlit. Sebab, saya khawatir akan timbul fitnah kepada saya, apabila mereka memberikan dana kepada kita,” ungkapnya.

Lanjutnya, apabila nanti sarana dan prasarana buat para atlit ini telah siap, para perusahaan boleh membuat merk atau logo perusahaan mereka di setiap sarana olahraga itu.

“Pelantikan pengurus NPC Madina ini harus kita jadikan kebangkitan Madina. Sehingga ke depan, atlet-atlet kita ini bisa menunjukkan prestasi yang gemilang di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Ketua NPC Sumut

Sebelumnya, Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting dalam pidatonya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan serta antusias Pemkab Madina terkhusus Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam mensukseskan pelantikan pengurus NPC Madina Periode 2021-2026.

“Dengan kepedulian Bupati terhadap NPC ini, kita harus bekerja keras untuk melahirkan atlit yang bisa bertarung di kancah nasional dan internasional. Untuk itu, saya berharap kepada pengurus NPC Madina yang baru, agar setelah selesai pelantikan ini kiranya bisa langsung bekerja. Serta melakukan pembinaan kepada para atlit NPC Madina,” ujarnya

Alan Sastra Ginting yang juga seorang atlit difabel lempar cakram yang sudah mendunia ini mengaku, bahwa Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution adalah salah satu orang yang dulunya mengorbitkan dan membinanya. Sehingga bisa menjadi atlet nasional yang membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

“Jujur saya tidak berani panjang lebar menyampaikan pidato ini. Karena Pak Dahlan ini adalah salah satu yang dulunya membina olahraga termasuk saya secara pribadi, sewaktu Pak Dahlan bertugas di Kantor Gubernur Sumatera Utara. Sayalah hasilnya yang telah bisa membawa nama Sumut dan bisa mengibarkan Bendera Merah Putih di negara lain,” sebutnya.

Di akhir pidatonya, Ketua NPC Sumut minta agar kepengurusan NPC Madina yang baru, yakni Ketua Zulkifli SKom MKom, Sekretaris Wahyudi SE, Bendahara Christina Br Tarigan SE, serta pengurus lainnya, agar bekerja keras dalam melahirkan atlit-atlit berprestasi ke depan.

Ketua NPC Madina

Sedangkan Zulkifli SKom MKom pidatonya menuturkan, bahwa terbentuknya NPC Madina ini atas dukungan kuat Bupati Madina. “NPC ini terbentuk atas dukungan Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution dan Kadis Pemuda dan Olahraga Madina Rahmad Hidayat. Dan NPC ini juga terbentuk melalui musyawarah kabupaten pertama pada tanggal 8 Februari 2021 yang lalu,” paparnya.

Untuk pengembangan serta pembinaan para atlit disabilitas, Zulkifli juga berharap pemerintah dapat membantu anggaran, demi mendukung dan mencari bibit atlet ke depannya.

Ketua NPC Madina yang baru ini juga memberikan semangat kepada para atlet yang difabel. Serta jangan minder dengan atlit-atlit olahraga lainnya yang sempurna.

“Jangan minder. Biarkan dirimu diremehkan orang lain tapi jangan buat dirimu meremehkan dirimu,” tandasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment