Dalang Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Bom bunuh diri

TOPMETRO.NEWS – Bom bunuh diri di gereja terjadi lagi. Kini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan kepolisian sedang memburu dalang aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan itu.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, Polisi sudah berkomitmen untuk memberangus semua jaringan terorisme di Indonesia.

Terkini, kata Sigit, Polisi tengah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan penyelidikan untuk memburu dalang di balik kasus bom bunuh diri itu.
“Kami sedang dalami dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP),” tuturnya, Minggu (28/3/2021).

Sigit juga mengimbau agar masyarakat tidak ikut panik atas aksi bom bunuh diri tersebut. Sigit optimistis Polri bisa mendapatkan dalang dan kelompok teroris di balik aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

“Untuk masyarakat diimbau tidak usah terlalu panik karena kami sedang dalami pelakunya,” kata Sigit.

Bom Bunuh Diri di Gereja, Ini Kata Jokowi

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutuk keras kejadian bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Jokowi telah meminta Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku sampai ke akar-akarnya.

“Terkait dengan kejadian aksi terorisme di pintu masuk Gereja Katedral Makassar hari ini, saya mengutuk keras aksi terorisme tersebut dan saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan-jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya,” kata Jokowi melalui video yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/3/2021).

Jokowi menegaskan terorisme, kejahatan terhadap kemanusiaan dan tidak ada kaitannya dengan agama apa pun.

Jokowi meminta masyarakat tetap tenang dalam beribadah karena negara telah menjamin keamanan umat beragama.

“Seluruh aparat negara tak akan membiarkan tindakan terorisme semacam ini dan saya meminta masyarakat agar tetap tenang menjalankan ibadah karena negara menjamin keamanan umat beragama untuk beribadah tanpa rasa takut,” ujarnya.

Berikut ini pernyataan lengkap Jokowi terkait peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulsel:

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Terkait dengan kejadian aksi terorisme di pintu masuk Gereja Katedral Makassar hari ini, saya mengutuk keras aksi terorisme tersebut dan saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan-jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya.

Terorisme adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan tidak ada kaitannya dengan agama apa pun. Semua ajaran agama menolak terorisme apa pun alasannya.

Seluruh aparat negara tak akan membiarkan tindakan terorisme semacam ini dan saya meminta masyarakat agar tetap tenang menjalankan ibadah karena negara menjamin keamanan umat beragama untuk beribadah tanpa rasa takut.

Saya mengajak semua anggota masyarakat untuk bersama-sama memerangi terorisme, memerangi radikalisme yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, nilai-nilai luhur kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebinekaan

Untuk para korban yang luka-luka, kita mendoakan agar segera diberikan kesembuhan dan negara menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan para korban

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

penulis | jeremitaran
sumber | bisnisindonesia/detik

Related posts

Leave a Comment