Qris Qren Bank Sumut Kini Bisa Bayar Parkir dan Belanja Kuliner

retribusi parkir non tunai

topmetro.news – Warga Kota Medan kini telah dapat melakukan pembayaran retribusi parkir non tunai (e-Parking) melalui aplikasi Qris Qren. Ini adalah kerjasama Dinas Perhubungan Kota Medan dengan PT Bank Sumut.

Acara launching berlangsung, Minggu (28/3/2021), sekaligus peresmian Kesawan City Walk The Kitchen Of Asia.

Untuk tahap awal, pembayaran non-tunai akan diterapkan di Jalan Balaikota dan Jalan Ahmad Yani Medan. Harapannya, pembayaran e-Parking ini dapat meningkatkan pelayanan perparkiran di Kota Medàn. Sekaligus meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat.

Hadir pada acara ‘soft launching’ tersebut Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Hasanuddin dan Kapolda Sumut Irjend Pol Panca Putra Simanjuntak. Lalu ada Walikota Medan Bobby Nasution dan Wakil Walikota Aulia Rachman. Juga Ketua DPRD Medan Hasyim, Kepala Perwakilan BI Medan, Kepala OJK Regional 5 Sumbagut. Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo serta unsur Forkompimda Kota Medan.

Bobby Nasution dalam sàmbutannya mengapresiasi launching layanan e-Parkir kerjasama dengan Bank Sumut sekaligus Kesawan City Walk tersebut. Wàlikota berharap Kesawan City Walk nantinya dapat menjadi icon pariwisata di Kota Medan dan menjadi The Kitchen of Asia.

Untuk itu ia mendorong dan mengajak semua pihak untuk bersama sama membangun Kesawan sebagai bagian dari sejarah Kota Medan. Termasuk juga mendorong penggunaan transaksi non-tunai untuk pembayaran parkir dan bertransaksi di Kesawan.

Selain penggunaan Qris Qren untuk pembayaran e-Parkir, aplikasi tersebut juga dapat untuk transaksi di tenant-tenant kuliner UMKM yang telah bekerjasama dengan Bank Sumut.

“Pada tahap awal, Bank Sumut langsung mengakuisisi sekitar 200 tenant pedagang kuliner UMKM. Yang nantinya pembayarannya telah dapat dengan men-scan QR Cods dengan T Money Bank Sumut. Aţau dompet elektronik ( e-Wallet) apa saja,” kata Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo.

Digitalisasi Bank Sumut

Budi Utomo menjelaskan, Bank Sumut terus meningkatkan digitalisasi produk dan layanannya. Terutama untuk sistem pembayaran dalam rangka dukungan elektronifikasi transaksi pemda. Serta peningkatan inklusi keuangan yang mendukung program ‘Gerakan Non Tunai’ yang telah dicanangkan Presiden Jokowi.

Sebelumnya Bank Sumut juga telah melaunching pembayaran uji KIR yang kini telah dapat melalui Qris Qren dari aplikasi T Money Bank Sumut. “Dukungan pelayanan lainnya yang telah dapat diaplikasikan di Bank Sumut di antaranya pembayaran berbagai pajak. Seperi PBB, BPHTB, dan PKB, yang telah dapat berlangsung melalui mobile banking Sumut Mobile Bank Sumut, modern ritel dan e-Commerce,” ujarnya ĺagi.

“Sejalan dengan peningkatan transaksi non-tunai, tentunya Bank Sumut berharap akan meningkatnya optimalisasi pendapatan daerah,” pungkasnya

Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Budi Anshari Nasution juga menyebutkan, bahwa rangkaian kegiatan promosi QRIS yang dilakukan secara masif oleh Bank Sumut bertujuan untuk membangun ekosistem ekonomi digital. Ini sebagai bagian dari kampanye adaptasi cara baru dalam transaksi keuangan.

“Selain QRIS Payment, Bank Sumut juga telah memiliki berbagai ‘alternate chanel’ untuk mendukung transaksi keuangan nasabah. Di antaranya Sumut Mobile yang lengkap dengan fitur Cardless, Pembayaran Pajak & Retribusi Daerah via e- Commerce. Serta ‘Laku Pandai Sumutlink’ yang siap melayani masyarakat Sumut sampai dengan wilayah terluar,” ujarnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment