DPRD Medan Segera Bentuk Pansus Atasi Krisis Air

DPRD Medan Segera Bentuk Pansus Atasi Krisis Air

topmetro.news – Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga menyambut baik wacana pengalihan operasional pembentukan PDAM sendiri untuk warga kota Medan. Bahkan, ia mendorong agar DPRD Medan segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk menyelesaikan krisis air bersih di Kota Medan.

“Warga di Kota Medan selama ini selalu mengalami krisis air bersih. Warga prasejahtera selalu mengeluhkan buruknya pelayanan air bersih. Keluhan itu patut kita sikapi dan kita tindak lanjuti,” ungkap Ihwan Ritonga kepada wartawan, Senin (29/3).

Menurutnya, pansus akan bekerja lebih fokus dengan tugasnya untuk mengatasi masalah air bersih di Kota Medan. “Terlepas itu masalah krisis air diselesaikan oleh Pemko Medan atau PDAM Tirtanadi. Tetapi Pansus, fokus harus bekerja mencari solusi demi kepentingan warga Medan,” terangnya.

Krisis Air

Apalagi, ia mengaku saat reses DPRD Medan, warga Medan kerap mengeluhkan krisis air bersih di Kota Medan. Masih banyak rumah warga yang belum terpasang saluran air bersih. Bahkan, yang sudah terpasangpun kualitas airnya sangat buruk yakni sering macat dan berlumpur.

“Selama ini memang DPRD Medan hanya sebatas mengkritisi dan memberi saran. Namun kali ini kita melakukan action yakni dengan membentuk Pansus,” tegasnya.

Dikatakan Ihwan, pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi rencana pembentukan Pansus kepada sesama pimpinan DPRD dan pimpinan Fraksi di DPRD Medan. “Target kita krisis air bersih di Medan dalam kepemimpinan Walikota Medan Muhammad Robby Afif Nasution ini bisa segera teratasi,” harapnya.

Katanya, sangat beralasan jika PDAM Tirtanadi yang selama ini dikelola Pemerintah Provinsi Sumatera Utara beralih ke Pemko Medan. Dimana hampir 80 % pelanggan air minum PDAM Tirtanadi adalah warga Medan.

“Jadi wajar saja Pemko Medan paling bertanggungjawab dan peduli terhadap warganya jika mengeluhkan air bersih,” urainya.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPRD Kota Medan, Mulia Syahputra Nasution, mengaku guna maksimal pelayanan berupa ketersediaan air bersih kiranya pengelolaan PDAM Tirtanadi dikelola Pemko Medan.

Bahkan tudingan miring manajemen PDAM Tirtanadi juga kerap melakukan kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada pelanggannya.

 

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment