Dinas Kesehatan Batubara dan Kodim 0208/AS Sosialisasi Covid-19

TNI dengan Pemkab Batubara

topmetro.news – Pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 109 wilayah Komando Daerah Militer (Kodim) 0208/AS selalu bersinergi antara TNI dengan Pemkab Batubara. Termasuk dalam sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Hal ini merupakan kegiatan non-fisik yang dilaksanakan Satgas TMMD ke-109 di wilayah Kodim 0208/AS, Selasa (14/10/2020), di Balai Desa Kwala Gunung Kecamatan Datuk Limapuluh Kabupaten Batubara.

Narasumber dalam pencegahan Covid-19 adalah Sekretaris Dinas Kesehatan Batubara Dr Deni Syahputra. Ia mengatakan kepada masyarakat agar lebih waspada dan mengantisipasi terhadap Virus Corona.

Ia mengatakan, virus itu teridentifikasi pada akhir Desember 2019 dan sudah menjangkit beberapa negara, salah satunya Negara Indonesia.

Menurutnya, daerah Kabupaten Batubara letaknya berdekatan dengan pelabuhan dan berbatasan langsung dengan negara lain. Maka masyarakat Batubara harus waspada terhadap penyebaran Virus Corona.

“Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan sehat. Menjaga kebersihan dan lingkungan,” ujarnya.

Gejala Virus Corona

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan kepada masyarakat mengenai gejala klinis Virus Corona. Mulai dari gejala demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan serta letih dan lesu.

Ia mengimbau masyarakat agar melakukan pencegahan penyebaran virus. Pertama, sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah.

“Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak. Serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan. Dan rajin berolahraga dan istrirahat yang cukup.” terangnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment