Bupati Karo Gandeng TNI/Polri Tertibkan KJA Tongging Hingga Batas Juni – Desember 2021

Bupati Karo menggandeng

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menggandeng TNI/Polri untuk menertibkan operasional usaha KJA (Keramba Jaring Apung) di Kawasan Perairan Tongging Karo. Sehingga dalam batas waktu Juni – Desember 2021, KJA harus bersih dari Danau Toba.

Terkelin Brahmana menyampaikan penegasan itu saat meninjau Perairan Tongging Kecamatan Merek, Kamis (1/4/2021). Turut serta, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, dan Camat Merek Juspri Nadeak.

“Kita harus menjalankan intruksi Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan. Yang meminta agar dilakukan penertiban dan mengurangi usaha perikanan KJA (Keramba Jaring Apung) di sekitar kawasan Danau Toba,” ujar Terkelin Brahmana.

Di lokasi, Terkelin dan rombongan memperoleh data dari masyrakat yang aktif mengelola KJA ikan nila dan ikan mas, totalnya sebanyak 458 keramba.

“Hasil survei ini akan menjadi atensi dan catatan untuk pengurangan KJA. Sebab daya tampung Danau Toba hanya mampu menampung KJA usaha ikan 10.000 per ton dalam setahun,” katanya.

Di samping itu, pengurangan KJA tersebut sesuai amanah SK Gubernur Sumatera Utara No. 188. 44/213/KPTS /2017 tentang Daya Tampung Beban Pencemaran dan Daya Dukung Danau Toba. Serta Perpres No. 81 Tahun 2014, harus memenuhi quota 10.000 per ton.

“Pemkab Karo akan menyerahkan sepenuhnya tekis penertiban kepada Forkopimda terkait pelaksanaan untuk verifikasi April – Juni 2021. Sedangkan hari ‘H’ pembersihan KJA dengan batas waktu, Juni – Desember 2021,” tegasnya.

Wabup Karo

Sementara, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan akan menjalankan program penertiban KJA ini, seterusnya, sebagai Bupati terpilih dalam menjalankan estafet kepimpinan yang baru.

“Tentu saat ini, saya akan membantu dan mendampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, sebelum masa tugasnya berakhir,” katanya.

Sedangkan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK dan Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto menyebutkan, saat ini masyarakat sekitar yang pengelola KJA sangat akomodatif sukseskan program pemerintah.

“Polri dan TNI siap bersinergi dan bergandengan tangan dalam menjalankan visi misi program pemerintah. Agar kawasan Danau Toba menjadi objek wisata bertaraf internasional bebas polusi kotoran ikan,” katanya.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment