Ustad H Amiruddin Meninggal Mendadak Usai Sholat Jumat

Ustad Amiruddin Damanik meninggal

topmetro.news – Kabar mengejutkan datang dari Masjid Nur Hidayah Mako Polres Simalungun. Ustad H Amiruddin Damanik, meninggal mendadak, Jumat (9/4/2021), pukul 13.30WIB.

Tokoh agama sekaligus Ketua Kenajiran Masjid Nur Hidayah Kompleks Polres Simalungun, Kecamatan Raya, Simalungun ini meninggal usai Sholat Jumat.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK mengucapakan turut berduka cita atas wafatnya Ustad H Amiruddin.

“Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji’un. Saya beserta jajaran dan staff mengucapkan turut berdukacita atas meninggalnya tokoh agama sekaligus Ketua Kenajiran Masjid Nur Hidayah Ustad H Amiruddin Damanik,” ucap Kapolres dalam keterangan tertulisnya.

Kapolres mengatakan, bahwa almarhum Ustad H Amirrudin Damanik merupakan sosok yang kerap menebarkan pesan-pesan kebaikan lewat dakwahnya bagi seluruh jajaran personel Polres Simalungun. Sembari mengurusi masjid, almarhum juga kerap mengingatkan para personel Polres Simalungun yang beragama Muslim agar tetap melaksanakan Ibadah Sholat.

“Saya juga sering berbincang-bincang dengan almarhum selepas melaksanakan sholat di Masjid Nur Hidayah Mako Polres Simalungun terkait keperluan masjid. Bahasanya santun serta bijak dalam berbicara. Beliau juga rajin membersihkan taman yang ada di sekitaran masjid. Kini, Beliau telah meninggalkan kita semua. Untuk itu, mari kita mendoakan Beliau agar almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya,” ucap Agus.

Riwayat Medis Almarhum

Kasat Tahti Iptu M Nasib, yang juga merupakan kerabat almarhum Ustad H Amirrudin Damanik mengatakan, almarhum meninggal dunia siang itu di dalam Masjid Nur Hidayah Mako Polres usai menunaikan Sholat Jum’at. M Nasib juga menjelaskan bahwa sebelumnya almarhum sempat berbincang-bincang bersamanya sembari menunggu masuk waktu Sholat Jumat.

“Almarhum sempat mengeluhkan sesak pada saat bernafas,” ujar Iptu M Nasib.

“Ketika kita selesai melaksanakan Sholat Jumat, almarhum masih terlihat sesak untuk bernafas. Namun tiba-tiba almarhum pingsan. Saat itu kita langsung membawa almahum Ustad Amirrudin Damanik ke Rumah Sakit Umum Rondahain Batu 20, Sirpang Sigodang, Kecamatan Pane Tongah, Kabupaten Simalungun. Guna dilakukan pemeriksaan medis,” sebut M Nasib.

Almarhum diduga terkena serangan jantung. Ustad Amiruddin juga memiliki penyakit gula tinggi. Ini sesuai keterangan dari personil Polres Simalungun yang mengetahui riwayat medis almarhum.

reporter | David Napitu

Related posts

Leave a Comment