Bupati Darma Wijaya Resmikan Kampung Ramadan Sergai

Kampung Ramadan Sergai

topmetro.news – Kampung Ramadan Kabupaten Sergai (Serdang Bedagai) bertujuan untuk membantu mempromosikan UMKM dan terkemas dalam stand-stand yang terlihat lebih menarik.

Demikian kata Bupati Sergai H Darma Wijaya usai membuka Kampung Ramadan di Halaman kompleks Masjid Agung Sergai di Sei Rampah, Selasa (13/4/2021) sore. Turut mendampingi Bupati, Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan.

Dengan mengusung tema ‘Melalui kegiatan Kampung Ramadan kita ciptakan UMKM yang berkualitas dan berdaya saing menuju Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius’, kegiatan itu menampilkan beragam jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

“Semua ini diambil dari beberapa desa- desa yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dan merupakan ciri khas dari kabupaten ini,” kata Bupati.

Zakat dan Infaq

Selain meresmikan Kampung Ramadan, kata Bupati lagi, kesempatan tersebut juga untuk melaunching ‘Optimalisasi Pengumpulan Zakat dan Infaq ASN yang Beragama Islam’. Rencananya akan disalurkan kepada bilal mayit dan guru mengaji. Zakat yang berasal dari para ASN Pemkab Sergai itu jumlahnya mencapai lebih kurang 5.400 orang. Di antaranya sebanyak 3.400 orang yang beragama Islam.

“Dari 3.400 ASN Muslim, kurang lebih dari zakat dan infaq mencapai hingga 500 juta per bulan. Yang nantinya akan kita salurkan kepada bilal mayit dan guru mengaji. Sedangkan untuk Umat Nasrani dari 2.000 orang ASN, kurang lebih terkumpul 300 juta untuk Guru Sekolah Minggu dan lainnya,” jelasnya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat atas pembukaan Kampung Ramadan ini. Semoga menambah keberkahan bagi pelaku UMKM. Dan yang terpenting tetap patuhi Protokol Kesehatan dalam setiap aktifitas, karena hingga kini pandemi belum berakhir. Cuci tangan pakai sabun di tempat yang sudah tersedia. Pakai masker dan jaga jarak aman,” pungkas Bupati.

Sebelumnya, Asisten Pemum Kesra Hj Nina Deliana SSos MSi melaporkan penyelenggaraan kegiatan yang mengusung tema ‘Melalui kegiatan Kampung Ramadan kita ciptakan UMKM yang berkualitas dan berdaya saing menuju Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius’ itu. Sedangkan subtema ‘Ramadan Berbagi’.

Tujuan Kampung Ramadan

Terdapat tiga tujuan yang menjadi dasar adanya Kampung Ramadan. Antara lain, meningkatkan perekonomian UMKM Sergai di masa Pandemi Covid-19, memperkenalkan produk khas daerah Sergai, dan meningkatkan nilai religiusitas masyarakat Sergai.

“Rencananya Kampung Ramadan ini akan terlaksana hingga 12 Mei mendatang. Di dalamnya ada 30 stand oleh perwakilan UMKM dari seluruh kecamatan di Sergai yaitu sebanyak 17 kecamatan. Kami berharap kegiatan ini selain memeriahkan suasana Bulan Suci Ramadan juga di saat yang sama memberdayakan UMKM lokal Sergai,” kata Nina.

Acara berpadu dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada lima UMKM Sergai. Kemudian, pemberian bantuan berupa sembako kepada petugas kebersihan Masjid Agung. Serta penyaluran zakat/infaq kepada bilal mayit dan guru mengaji, berupa uang yang tersalur melalui BNI masing-masing penerima.

Hadir Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP, Forkompinda, Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Uke Retno Faisal Hasrimy, para asisten, staf ahli bupati, kepala OPD, camat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment