Masyarakat Humbahas Dukung Polisi Tertibkan Knalpot Racing

masyarakat Humbahas

topmetro.news – Operasi Keselamatan Toba 2021 yang tengah berjalan dari Hari Senin (12/4/2021) kemarin, mendapat respon positif dari warga masyarakat Humbahas. Terlebih dalam penertiban knalpot racing.

K Purba (56) salah seorang warga Desa Purba Dolok Kecamatan Doloksanggul Humbahas mengatakan kepada wartawan, bahwa selama ini ia dan masyarakat sangat merasa terganggu akan suara bising dari knalpot racing yang saban hari berseliweran dari depan rumahnya di Jalan Tahi Raja.

“Suara bising itu hampir setiap hari kami dengar. Belum lagi pada malam hari. Sementara di sekitaran ini pun masih banyak warga yang marpese-pese (baru lahiran-red),” ujarnya, Minggu (18/4/2021).

Lanjutnya, masyarakat Humbahas khususnya Desa Purba Dolok, mendukung penuh kinerja kepolisian. Termasuk penertiban pengguna kendaraan yang memakai knalpot racing.

“Kami mengapresiasi langkah kepolisian dalam penertiban pengguna kendaraan yang memakai knalpot racing. Walaupun masih ada beberapa kendaraan (pemakai knalpot racing) yang belum kena tindak, namun dengan adanya penertiban tersebut, agar menjadi pelajaran bagi kawula muda kita,” sambungnya saat memberi keterangan bersama beberapa warga.

Rasa Nyaman Warga

Kasat Lantas Polres Humbang Hasundutan AKP Danil Saragih, melalui Kanit Turjawali Polres Humbahas Aipda Noris Tambunan menjelaskan bahwa penertiban kendaraan yang memakai knalpot racing akan terus mereka galakkan. Hal itu untuk memberikan rasa nyaman kepada seluruh masyarakat Humbahas.

“Ini sudah menjadi program prioritas kepolisian dalam melaksanakan Ops Keselamatan Toba 2021. Dan memberi rasa nyaman di tengah masyarakat. Serta mengedukasi para kawula muda agar lebih tertib berlalulintas,” ungkap pria murah senyum itu.

Noris juga menambahkan, bahwa mereka berterima kasih atas respon yang positif dari masyarakat, khususnya warga Humbahas. Di mana penindakan knalpot blong/racing tersebut mereka laksanakan dalam rangka Operasi Keselamatan Toba 2021. Bertujuan untuk upaya cipta kondisi menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan datang.

“Dalam kurun waktu enam hari berjalannya Operasi Keselamatan Toba 2021 yang mulai tanggal 12 April 2021 sampai sekarang 17 April 2021, kami sudah mengamankan sebanyak 21 unit knalpot blong/racing. Lalu 46 peneguran terhadap pelangaran lalulintas. Kemudian 59 pelangaran Prokes.
Giat ini kami laksanakan secara humanis. Selain penindakan knalpot blong/racing yang memang benar-benar telah meresahkan masyarakat akibat kebising suara yang timbul,” sebut Noris.

Bagi Takjil dan Masker

Selain itu, personil Polres Humbahas berserta TNI juga melaksanakan pembagian takjil dan masker kepada masyarakat. Khususnya kepada pengendara yang tertib berlalulintas.

“Takjil yang kami bagi ada 100 paket dan 50 kotak masker. Sebagai bentuk edukasi kami bagi masyarakat yang menjalankan ibada puasah di Bulan Suci Ramadhan ini. Dan bentuk edukasi kami bagi pengedara yang benar-benar tertib berlalulintas. Dan masker yang kita bagikan agar masyarakat tetap menjaga Prokes. Karena kita masih mengalami situasi Pandemi Covid-19,” katanya.

“Dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2021 ini Bapak Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas SH SIK MH dan juga Kasat Lantas AKP Danil Saragih SH mengigatkan agar masyarakat Humbahas tertib berlalulintas. Menjaga Prokes untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Dan melarang agar tidak mudik di Hari Lebaran Idul Fitri Nanti,” tutupnya.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment