Jamanat Sihite Laksanakan Reses Perorangan di Desa Sosortolong Humbahas

Reses Perorangan

topmetro.news – Anggota DPRD Humbahas dari Fraksi PDIP, Jamanat Sihite, melaksanakan reses perorangan di Dusun I Desa Sosortolong Kecamatan Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Minggu (25/4/2021).

Turut mendampingi dalam reses itu, Kadis Sosial Eben Simanungkalit. Kemudian ada perwakilan Dinas Tarukim, Dinas Pertanian, Kadis Kesehatan, Dinas PUPR, serta Togi Simamora dari Dinas Peternakan dan Perikanan. Mereka disambut oleh Kepala Desa Sosortolong Maruba Sihite dan masyarakat.

Dalam sambutannya Jamanat Sihite mengatakan, bahwa reses perorangan itu adalah untuk menjumpai para konstituennya di Daerah Pemilihan I. “Sebagaimana pelaksanaan tugas anggota dewan di Dapil I ini adalah dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen. Serta melaksanakan fungsi pengawasan,” sebutnya.

Jamanat juga menerangkan bahwa reses adalah merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen. Yaitu melalui kunjungan kerja secara berkala yang merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

“Ada pun tujuan reses ini adalah untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat, guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di dapil. Sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan,” terang mantan Kepala Desa Sihite I itu.

Pelaksanaan reses perorangan itu sendiri tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes), sebagaimana penyampaian Kadis Kesehatan drg Hasudungan Silaban.

“Mengingat bahwa saat ini kita masih menghadapi masa Pandemi Covid-19, maka untuk itu kita selalu menerapkan Protokol Kesehatan dengan cara 5M,” ujarnya.

Selanjutnya, Kadis Sosial Eben Simanungkalit dalam sambutannya meyakinkan masyarakat agar tidak merasa terabaikan oleh pemerintah. “Sampai saat ini pemerintah selalu memberikan bantuan untuk masyarakat. Baik itu sembako murah maupun BST dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Selanjutnya, Togi Simamora yang mewakili Dinas Peternakan dan Perikanan memaparkan tentang hasil budidaya ternak yang ada di Humbahas. Di mana belum 100 persen berhasil.

“Untuk itu kita akan selalu mengedukasi dan membantu masyarakat dalam meningkatkan budidaya ternak,” tukasnya.

Harapan Masyarakat

Acara kemudian berlanjut dengan tanya jawab. Masyarakat pun silih berganti mengajukan pertanyaan dan permintaan kepada Jamanat Sihite dan rombongannya. Bahkan salah seorang warga meminta kepada Jamanat untuk kembali mencalonkan diri sebagai legislatif pada Pemilu mendatang.

Masih di waktu yang sama, Kepala Desa Sosortolong Maruba Sihite mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Humbahas Jamanat Sihite dan rombongan.

“Terimakasih atas kunjungan Bapak Dewan. Semoga apa yang kami (masyarakat) harapkan bisa terwujud,” ucap Maruba Sihite.

Reses berjalan dengan lancar dan sukses. Pada penghujung acara, Jamanat Sihite dan rombongannya pun berpamitan kepada masyarakat yang hadir.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment