Ir H Zahir MA: Safari Ramadhan Merupakan Kegitan Tahunan Pemkab Batubara

Pemkab Batubara

topmetro.news – Bupati Batubara Ir H Zahir MAP mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan merupakan wadah untuk melakukan silaturahmi antara Pemkab Batubara bersama warganya.

Wadah silaturahmi yang biasa berlangsung sangat berbeda dengan silaturahmi pada saat Ramadhan seperti ini. Karena dikemas dalam suasana yang berbeda karena diawali kegiatan ibadah puasa yang sama, berbuka bersama. Juga, ibadah Shalat Magrib dan Isya serta Tarawih dan Witir berjama’ah serta majelis ta’lim.

Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menyampaikan hal itu melalui Kadisdik Ilyas Sitorus SE MPd saat Safari Ramadhan 1442 H/2021 M bertempat di Masjid Al Fatah Pematang Tolang Desa Titi Putih Kecamatan Lima Pulih Pesisir, Senin malam (26/4/2021).

Masih menurut Ilyas dalam sambutan Bupati, bahwa Safari Ramadhan merupakan suatu aktifitas tahunan yang rutin Pemkab Batubara. “Safari Ramadhan dapat menjadi ajang silaturrahmi dan saling kenal mengenal lebih jauh. Selain itu Safari Ramadhan juga sebagai media penyampaian informasi bagi pemerintah daerah kepada masyarakat. Sekaligus menampung aspirasi dari masyarakat,” tutur Ilyas.

Ilyas juga menyampaikan pesan dan harapan Bupati Batubara, agar warga tetap mengikuti Protokol Kesehatan di mana pun. “Karena negeri kita masih dalam Pandemi Covid-19. Selalu mencuci tangan, memakasi masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Serta mengurangi mobilitas,” katanya.

Selanjutnya Bupati juga mengajak semua warga menjaga keamanan, ketenteraman, atau ketertiban lingkungan masing-masing.

Apresiasi untuk Pemkab Batubara

Sementara itu, pengurus BKM Masjid Al-Fattah mengucapkan terima kasih atas bantuan pemkab. “Kami dari pengurus BKM Masjid Al-Fattah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Batubara yang telah memberikan dua unit AC dan bantuan dan uang sejumlah 5 juta di masjid kami ini,” ujar Ketua BKM Jalaluddin.

“Dengan adanya bantuan dari Bupati Batubara Zahir dan uang tunai, Insya Allah dapat menambah semangat kami dalam meningkatkan kemakmuran masjid ini. Yang akhirnya dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Serta kami dapat meramaikan masjid di saat waktu sholat,” ujar Jalaluddin.

Sementara Camat Lima Puluh Pesisir mengajak untuk memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Baik antara sesama maupun dengan agama lain. “Dan keberadaan masjid yang baik ini mari kita isi beramai-ramai untuk melaksanakan sholat berjemaah,” ungkap Sekcam Sabri.

Ustadz Yusri menyampaikan, Safari Ramadhan merupakan langkah untuk membangun Ukhuwah Islamiyah. Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keistimewaan. Sehingga kehadirannya selalu jadi penantian seluruh Umat Muslim. “Salah satu aktifitas keagamaan yang kerap kita lakukan saat Bulan Ramadhan, selain melaksanakan puasa, taraweh, adalah datang ke majelis ilmu. Untuk mendengarkan ceramah Ramadhan seperti yang kita lakukan pada malam ini,” sebut ustadz Yusri.

Safari Ramadhan mulai dengan acara berbuka puasa bersama. Kemudian Sholat Magrib berjama’ah, lalu makan malam bersama sebelum Sholat Isya berjama’ah. Lalu berlanjut dengan taraweh, witir, serta mendengarkan tausiyah dari Al-Ustad HM Yusri SPd.

Turut hadir Sesdik Darwinson Tumanggor, Kasi Peserta Didik Hasbullah, Kasi PTK Dikdas Rahmad Zein, Ketua K3S Baharuddin Gajah, dan Ka UPTD SD se-Kecamatan Lima Puluh Pesisir. Juga Sekretaris Camat Lima Puluh Pesisir Sabri SHi, Bagian Kesra Setdakab Batubara Muhammad As’Adurofik MAg, Kepala Desa Titi Putih Harumsyah, awak media, dan lainnya.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment