Bupati Asahan: MTQ Pertama Dilaksanakan di Kabupaten Asahan

LPTQ Gelar Rapat Permusabaqahan Hadapi STQH

topmetro.news – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat teknis permusabaqahan menghadapi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke XVII tahun 2021 tingkat Provinsi Sumut di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, pada Rabu (28/4/2021).

Tampak hadir Bupati Asahan, H Surya BSc, Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar MSi, Kakankemenang Asahan, H Hayatsyah. Selanjutnya Ketua LPTQ Provsu, Asren Nasution, Ketua LPTQ Asahan, Zainal Arifin Sinaga, Ketua MUI Asahan, H Salman Tanjung, Ketua Imtaq Asahan, H Ahmad Kosim serta undangan lainnya.

Ketua LPTQ Provsu, Asren Nasution mengatakan, “Atas nama LPTQ Provsu saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan dan LPTQ Asahan. Yang berkenan menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat teknis ini.”

Tujuan rapat teknis ini antara lain memantapkan hasil Raker terbatas LPTQ Sumut tanggal 19 Januari 2021. Di Kantor BPSD Provsu, memastikan kesiapan LPTQ Kabupaten/Kota dan Kafilah khusus mengikuti STQH  XVII Provsu tahun 2021. Melihat kesiapan Kabupaten/Kota (sesuai zona) untuk dijadikan tempat talent scouting bibit-bibit potensial yang ada di kecamatan dan desa-desa.

Bangga dan Gembira

Sementara Bupati Asahan, H Surya BSc mengaku  bangga dan gembira atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang mulia ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada LPTQ Provsu yang telah memberikan amanah ini. Walaupun kita masih dalam kondisi pandemi covid 19, tapi antusias yang kita tunjukkan dengan hadir di tempat ini adalah bukti bahwa perjuangan kita mengembangkan Al-Qur’an tidak boleh surut dalam berbagai kondisi dan tantangan,” ungkapnya.

“Kalau kita melihat sejarah, MTQ pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Asahan. Yaitu tepatnya di Kampung Bunga Desa Pondok Bungur Kecamatan Pulo Bandring tanggal 12 Februari 1946. Telah terjadi sebuah peristiwa yang menjadi tonggak sejarah MTQ yaitu dilaksanakannya sayembara membaca Al-Qur’an di sebuah Masjid yang terletak di Dusun II Desa Pondok Bungur yang sampai sekarang masjid tersebut dinamakan Masjid MTQ 1946,” lanjutnya.

“Saya menyambut baik rapat koordinasi teknis ini di laksanakan di Kabupaten Asahan. Apalagi, momennya sangat tepat, yaitu Bulan Ramadan. Bulan diturunkannya Al-Qur’an. Dimana sebaik-baik pembahasan adalah pembahasan tentang Al-Qur’an. Bagi kami masyarakat Asahan, ini adalah salah satu bukti nyata bahwa Asahan dikenal sebagai daerah yang religius. Sehingga LPTQ Provsu menilai pantas untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang sangat penting ini,” tutupnya.

Penulis | En 

Related posts

Leave a Comment