Sudari Minta PDAM Tirtanadi Perbaiki Kualitas Air di Kota Medan

Sudari Minta PDAM Tirtanadi Perbaiki Kualitas Air di Kota Medan

topmetro.news Manajemen PDAM Tirtanadi diminta untuk memperbaiki kualitas air di Kota Medan agar sesuai standar baku mutu kesehatan. Sebab kualitas air PDAM Tirtanadi saat ini sangat buruk, hitam, kotor dan bau.

“Kita minta PDAM Tirtanadi segera memperbaiki dan jangan terulang lagi. Janganlah terbebani masyarakat dan diharuskan membayar air yang berlumpur,” ungkap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Sudari ST kepada wartawan, kemarin.

Ia berharap, manajemen PDAM Tirtanadi dapat memperbaiki kualitas produksi sehingga air yang didistribusikan kepada pelanggan harus sesuai standart Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017. Dimana, Standart Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan

Persyaratan Kesehatan Air untuk keperluan higiene sanitasi, kolam renang, solus per aqua dan pemandian umum.

“Salah satu parameter persyaratan adalah kekeruhan atau turbidity maksimal 25 Ntu dan Warna 50 Tcu. Tapi kenyataannya, air PDAM yang sering diterima masyarakat diperkirakan lebih dari 25 Ntu. Hal ini sering terjadi khususnya di wilayah Medan Utara,” jelas dia.

Bahkan, ia sangat mengkhawatirkan kehigienisan air yang didistribusikan pihak PDAM Tirtanadi selama ini. Air yang diterima masyarakat jorok, dan diduga mengandung bakteri eColi yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan yang mengkomsumsi.

Perbaiki Kualitas Air

Ia mendesak pihak PDAM Tirtanadi agar meningkatkan kinerjanya dengan memperbaiki kualitas air yang di jual ke masyarakat.

“Jangan dikarenakan PDAM Tirtanadi ini tidak ada kompetitornya. Sesuka hati saja menjual air ke masyarakat. Karena masyarakat tidak ada pilihan yang lain,” imbuhnya.

Sudari berharap agar PDAM Tirtanadi bekerja secara profesional melayani kebutuhan masyarat. “Kita ketahui air merupakan sumber kehidupan masyakat jangan lagi menambah beban masyarakat yang saat ini serba kesulitan,” bebernya.

Sudari menyebutkan, beberapa minggu yang lalu Komisi II DPRD Kota Medan telah melakukan kunjungan ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Martubung untuk melihat pengolahan air.

Dalam kunjungan yang diterima Kepala Instalasi IPA Martubung, Sudari menyarankan agar memperbaiki system pengolahan dengan melakukan traping sluge menggunakan filter press agar lumpur tidak carry over ke jalur distribusi masyarakat.

Sementara itu, Sekteratis PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, Humarkartirta ketika dikonfirmasi wartawan terkait distribusi air PDAM Tirtanadi yang kotor di daerah Medan Utara tidak bersedia memberikan komentar. Namun Humarkartirta mempertanyakan dimana alamat lengkap distribusi air kotor.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment