#

Ketua DPRD Sumut Minta Satgas Covid-19 Perkuat Disiplin Masyarakat

Ketua DPRD Sumut prihatin
Advertisement

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengaku prihatin dengan peningkatan signifikan jumlah pasien Covid-19. Sehingga rumah sakit pun menjadi kewalahan. Saat ini hampir seluruh rumah sakit rujukan di Kota Medan kehabisan tempat tidur.

Keprihatinan Ketua DPRD Provsu itu ia sampaikan, Rabu (5/5/2021), menanggapi Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dengan rumah sakit se-Sumut. Rakor itu sendiri berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (4/5/2021).

“Kita harus waspada dengan situasi itu. Bukan tidak mungkin kalau dilakukan tracing secara ketat, angka kenaikan itu signifikan lonjakannya,” urai Baskami.

Banyaknya pintu masuk ke Sumut baik dari jalur darat maupun laut khususnya jalur-jalur tikus ditengarai menjadi pintu masuk. Kondisi inilah yang kemudian menurut Baskami, membuat Satgas Covid-19 di daerah-daerah harus membangun sistem pengamatan lebih kuat. Sehingga dapat mengatasi masuknya warga pendatang dari luar.

“Jika kemudian berhasil diamankan, tentunya langkah isolasi wajib dilakukan,” tegas Baskami.

Selain itu, lonjakan para pemudik menjelang penerapan pelarangan mudik tanggal 6 Mei 2021, juga sangat wajib jadi perhatian. Harus ada sanksi yang mengacu kepada aturan yang sudah resmi berlaku oleh pemerintah.

Baskami juga melihat lonjakan pengunjung pusat perbelanjaan baik tradisional maupun modern, menjelang Hari Raya Idul Fitri. “Selain razia, Satgas bersama instansi terkait harus mengatur jam pembukaan dan penutupan. Agar nantinya sistem itu bisa mengatur arus mobilisasi pengunjung. Sehingga tidak membeludak dan menjadi klaster baru.,” terang Baskami Ginting.

Imbauan Ketua DPRD Sumut

Pada akhirnya Ketua DPRD Sumut menyampaikan beberapa imbauan kepada seluruh warga Sumut:

  1. Mari jaga protokol 5M.
  2. Jika bisa dihindari agar tidak pulang.kampung, sayangi orangtua, jaga mereka. Manfaatkan momen silaturahmi dengan penggunaan teknologi komunikasi.
  3. Mari perkuat berdoa kepada Tuhan Yang Maha.Esa agar badai Covid segera berlalu.
  4. Kepada pemda agar penerapan jam operasional pasar dan pertokoan benar-benar terkontrol.
  5. Kepada Satgas Covid-19 di seluruh daerah, benar-benar melakukan tugasnya. Sehingga angka Covid-19 di Sumut bisa menurun.

penulis | Erris JN

Advertisement

Related posts

Leave a Comment