Imbas Covid 19, Dinas Pendidikan Provsu Gelar FGD dengan Forkopimda Soal PPDB TA 2021/2022

Dinas Pendidikan Sumut

topmetro.news – Kepala Dinas Pendidikan Sumut Prof Drs Syaifuddin MA PhD menggelar Focus Group Discussion (FGD) lewat ‘Zoom Meeting’ dengan Forkopimda Sumut dan Kacab Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

FGD terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Sumatera Utara tingkat SMA, SMK, dan SLB Tahun Ajaran 2021/2022. Di mana pelaksanaan PPDB akan segera mulai.

Demikian kata Prof Syaifuddin saat membuka FGD yang berlangsung belum lama ini, di Ruang Rapat Lantai II Dinas Pendidikan Sumut Jalan Cikditiro Medan.

Hadir dalam ‘Zoom Meeting’ antara lain Panitia PPDB. Seperti Ketua Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sumut Ishan Lubis, Sekretaris Dr Suhendri MA, dan Wakil Sekretaris Heriadi Pramono.

Kemudian, Seksi Data di antaranya Suwarno, Sugeng Prayitno SH, Muthia Audina SPsi, Dr Sun Theo Constan Lotebulo Ndruru SPd MSi, Siti Khadijah, Kemala Siti SP. Seksi Aplikasi dan Verifikasi Dokumen Fitri Doli Asian Hutasoit.

Lalu Tim Programer PPDB Dinas Pendidikan Sumut Ahmad Juaeni MSi serta Seksi Layanan Pengaduan Meliana Fauza SSos MAP.

Rapat membahas sejumlah persiapan sistim PPDB, sehingga kelak ke depan tidak menimbulkan error seperti tahun sebelumnya.

Selain itu dibahas kesiapan server yang ditangani Tim Programer PPDB Disdik Provsu, agar terhindar dari ‘error’ ketika dikunjungi para siswa saat mendaftar secara online.

Prof Syaifuddin yang didampingi Ketua Panitia PPDB Ishan Lubis dalam rapat mengungkapkan, bahwa Surat Edaran Gubernur Sumut No. 420/4406/2021 tanggal 11 Mei 2021 terkait imbauan untuk penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sumatera Utara sudah keluar. PPDB rencananya berlangsung pada Bulan Juni 2021

Artinya, untuk kesuksesan dan kelancaran serta ketertiban PPDB 2021 di Sumut, maka kepada semua pihak agar mendukung penyelenggaraan PPDB sesuai Permendikbud No. 1 Tahun 2021. Serta tidak menyalahgunakan wewenang.

Kesiapan Panitia

Untuk kesiapan PPDB, lanjut Prof Syarifuudin lagi, pihaknya juga sudah membentuk panitia PPDB 2021 dengan Surat No. 420/2043/Subbag RAM/III /2021 tentang Struktur Susunan dan Keanggotaan Panitia. Panitia nantinya bekerja dan membentuk sistim PPDB yang akan berlangsung Bulan Juni.

Sementara di tempat terpisah, Ketua Panitia PPDB Ishan Lubis mengatakan, pendaftaran PPDB yang akan mulai Bulan Juni 2021 mendatang, tentunya mempunyai proses pendaftaran secara online melalui WhatsApp (WA).

“Kalau sebelumnya pendaftaran siswa biasanya ke sekolah. Tetapi karena Covid-19 dan sesuai anjuran Pak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Pak Musa Rajekshah agar tidak ada keramaian dan menghindari kerumunan, maka Penerimaan Peserta Didik Baru 2021/2022 berlangsung melalui WA,” kata Ishan baru-baru ini.

Ia menjelaskan, saat ‘Zoom Meeting’ itu lebih fokus pembahasan soal panduan pendaftaran kepada calon siswa. Yang nantinya akan disampaikan melalui WA. Baik berupa syarat pendaftaran dan ketentuan.

Selain itu juga, Juknis Peraturan Gubernur Sumut (Pergub) serta panduan teknis nantinya terpublikasi melalui webstie Pemprov Sumut. “Persyaratan misalnya, nanti terlampir di WA itu,” katanya.

Sistim PPDB

Menurutnya, penerimaan siswa baru SMA/SMK berlangsung melalui beberapa jalur. Seperti jalur zonasi, yakni berdasarkan jarak domisili calon siswa ke sekolah.

Kedua jalur siswa miskin (kurang mampu). Ketiga jalur prestasi akademik (rata-rata 70 nilai rapor semester I-V) dan prestasi nonakademik (gelar kejuaraan olahraga dan perlombaan).

Keempat jalur anak guru. Dan kelima jalur berdasarkan perpindahan tugas orangtua atau wali dari daerah lain ke Sumut.

Dalam menentukan diterima atau tidak calon siswa baru, berdasarkan Permendikbud 44, kepala sekolah bersama dewan guru dalam rapat berdasarkan kelengkapan data dan persyaratan.

Hasil keputusan seleksi disampaikan ke Dinas Pendidikan Sumut untuk selanjutnya diumumkan kepala dinas dan diserahkan ke masing-masing sekolah.

“Saat ini, masing-masing sekolah sedang menyampaikan usulan kuota berdasarkan sarana dan prasarana yang ada,” ucapnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment