Ketua DPRD SU Harapkan Pergub Olahraga Disempurnakan Mengakomodir Berbagai Prestasi Cabor

Ketua DPRD SU Harapkan Pergub Olahraga Disempurnakan Mengakomodir Berbagai Prestasi Cabor

topmetro.news Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting berharap Pergub (Peraturan gubernur) tentang keolahragaan disempurnakan supaya dapat mengakomodir berbagai prestasi cabor (cabang-cabang olahraga).

Hal tersebut diungkapkan Baskami Ginting pada sosperda (sosialisasi peraturan daerah) Provinsi Sumatera Utara Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, di Halaman Kantor Sekretariat KONI Kabupaten Deliserdang Lubuk Pakam, pada Senin (24/5/2021).

“Kita berharap dalam Pergub nanti ada perbaikan, sehingga saran dan masukan dari para pengurus cabor sangat perlukan. Apalagi selama ini, kabupaten/kota di Sumut termasuk Deliserdang sudah banyak melahirkan atlet berprestasi dan harus terus ditingkatkan,” ujar dia.

Dirinya juga berharap Pergub olahraga ada penyempunaan terkait penetapan mata anggaran, karena untuk meningkatkan prestasi olahraga memang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Dewan akan terus berusaha mengingatkan Pemprovsu agar anggaran untuk menibgkatkan prestasi olahraga di Sumut bisa diakomodir sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Anggaran

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis juga mengakui, meningkatkan prestasi cabang-cabang olahraga membutuhkan anggaran.

“Selama ini dana yang disalurkan untuk olahraga prestasi hanya sesuai kebutuhan. Bukan berdasarkan persentasi anggaran seperti pendidikan,” katanya.

Apalagi, kata John, dengan ditunjuknya Sumatera Utara sebagai tuan rumah PON tahun 2024, tentu sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Deliserdang harus semakin baik. Karena Sport Center untuk PON berada di Kabupaten Deliserdang.

“Kalau untuk PON 2024 kita menargetkan posisi kelima. Terus terang kita belum bisa mengimbangi atlet Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Kalau posisi ketiga kita juga belum mampu. Meski demikian kita terus melakukan pembinaan terhadap atlet yang memiliki potensi meraih medali,” tegas John.

Sementara Ketua KONI Deliserdang Khairullah Siregar SpdI mengatakan, masyarakat Deliserdang sangat cinta dengan olahraga. Terbukti dari pembangunan Stadion H Baharoeddin Siregar dilakukan dengan gotong royong yakni dengan cara pengumpulan botol bekas.

“Dari penjualan botol bekas di masa Bupati H Baharoeddin Siregar, Stadion ini bisa dibangun. Terkait prestasi kita akui sudah banyak atlet kita yang menorehkan prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas Khairullah Siregar.

Sosialisasi tersebut dihadiri Ketum KONI Sumut John Ismadi Lubis, anggota DPRD Deliserdang Darwis Batubara, Kabid Pembinaan Olahraga Disporabudpar Drs Budi Priatama MPd, Ketua KONI Deliserdang Khairullah Siregar SPdI dan pengurus cabang olahraga.

penulis : Erris JN

Related posts

Leave a Comment