Pemkab Sergai Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Pemkab Sergai Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

topmetro.news – Pemkab Sergai peringati Hari Lahir Pancasila secara virtual. Tampak Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila lewat aplikasi Zoom Meeting, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (1/6/2021).

Hadir juga pada upacara virtual itu, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum, Pabung Kodim 0204/DS 11/TJ Mayor Inf M Siahaan (mewakili Dandim 02/04 DS), Wakapolres Tebingtinggi AKBP Sarponi, Kajari Sergai Donny Haryono Setiawan SH, dan Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP. Hadir juga, para asisten, staf ahli bupati, kepala OPD, camat, dan peserta lain yang menyaksikan dari ruang kerja masing-masing.

Filter Pancasila

Darma Wijaya dalam keterangannya menyampaikan, pada peringatan Hari Lahir Pancasila itu, Presiden menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar untuk berbagai bidang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, sebut Bupati, Presiden juga menekankan Pancasila sebagai filter dalam menghadapi berbagai tantangan ideologi transnasional yang mengancam sendi-sendi kehidupan.

“Tadi Bapak Presiden menyampaikan. Walaupun Pancasila sudah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Presiden mengingatkan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetensi. Termasuk di antaranya rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi. Ideologi transnasional cenderung meningkat, memasuki lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara,” kata Bupati.

Darma Wijaya melanjutkan, Presiden mengingatkan, bahwa pihak-pihak tak bertanggung jawab berpeluang memanfaatkan perkembangan teknologi, utamanya mulai aktifnya teknologi 5G, untuk mengkontaminasi dengan lebih cepat dan dengan cakupan yang lebih luas.

“Untuk menghadapi semua ini, Presiden menyebut perlu cara-cara yang luar biasa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Yang tentunya diikuti dengan Pancasila sebagai pondasi,” ucap Darma Wijaya.

Terakhir seperti penyampaian Presiden Joko Widodo, Bupati berharap masyarakat Sergai dapat ‘membumikan’ Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama pandemi yang saat ini masih belum berakhir, kita perlu menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila. Agar kita memiliki arah yang jelas dalam melaksanakan seluruh usaha yang kita perlukan ke depannya,” pungkas Bupati.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment