#

9 Pulau di Aceh Singkil Dilirik Investor dari UEA

pengusaha Murban Energy
Advertisement

topmetro.news – Menindaklanjuti rencana investasi pengusaha Murban Energy dari Uni Emirat Arab di Aceh Singkil, sebanyak 7 orang pejabat Kemenko Marves melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Aceh Singkil bersama seluruh dinas terkait.

Ada pun nama ketujuh perwakilan dari Kemenko Marves RI tersebut di antaranya:

  1. Leo Mualdy Christoffel, Ketua Tim Koordinasi Penanganan Sengketa/Permasalahan Investasi dan Perdagangan Kemenkomarves.
  2. Jason Fredrick Siregar, Kepala Bidang Promosi Investasi dan Pengembangan Pelaku Usaha Jasa.
  3. Adi Wibowo, Kepala Bidang Kebijakan Peningkatan Iklim Investasi.
  4. Dhodik Dwi Saputro, Kepala Bidang Infrastruktur Perekonomian.
  5. Ferdian Bhaskoro, Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi.
  6. M Syamsul Huda, Pelaksana pada Asdep Investasi Bidang Jasa.
  7. Qashmal Mirza Aliansyah, Pelaksana pada Asdep Investasi Bidang Jasa.

“Tadi kita melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan Kemenko Marves. Yang mana dalam rapat tersebut kita membahas tentang di mana saja kawasan yang menjadi tempat investasi dari Murban Energy,” ucap Dulmusrid di sela sela acara, Kamis (10/06/2021).

“Selain itu kita juga membahas langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mensukseskan investasi ini. Termasuk tentang ijin tanah, soal ganti rugi dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Menurut Dulmusrid, pemerintah kita, provinsi dan pusat, tentunya sudah siap. Tinggal menunggu rekomendasi dari pihak Investor mengenai di mana saja pulau yang akan menjadi pusat pembangunan ressort tersebut.

“In sha Allah tahun ini sudah berjalan. Karena pembangunan insfratruktur tersebut dilaksanakan secara multiyears,” ujar Dulmusrid.

Survei Lokasi Investasi

Sementara itu salah seorang perwakilan Kemenko Marves Jason Fredrick Siregar (Kepala Bidang Promosi Investasi dan Pengembangan Pelaku Usaha Jasa) (foto), kepada reporter topmetro.news mengatakan, mereka sudah melakukan survei ke Pulau Banyak. Antara lain untuk melihat secara langsung mana saja pulau yang jadi lokasi investasi oleh pengusaha Murban Emergy.

“Kemarin kita sudah survei ke lapangan dan melihat lokasi investasi tersebut. Sedikitnya ada 9 pulau yang kita tinjau. Namun sampai hari ini dari investor masih melirik satu pulau saja, yakni Pulau Batu,” ujar Jason.

“Bila pihak investor sudah menentukan pulau mana saja yang akan mereka jadikan pusat pembangunan resort dan hotel mewah itu, maka kita dari kementerian langsung mengurus ijin lahan. Mengingat pulau pulau tersebut masuk dalam Taman Wisata Alam,” katanya.

Intinya dari penyampaian pimpinan mereka di Kementerian, kata Jason, bahwa setiap insvestor harus dapat kemudahan. Serta mengenai hak masyarakat di pulau yang menjadi lokasi investasi, menurut Jason, nantinya akan mendapatkan ganti rugi.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Advertisement

Related posts

Leave a Comment