Kapolres Humbahas Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19

Kapolres Humbahas AKPB Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH pimpin

topmetro.news – Kapolres Humbahas AKPB Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19, di Aula Daniel Poltak Silitonga, Mapolres Humbahas, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan ini melibatkan lintas sektoral yang dihadiri oleh Forkopimda, Dandim 0210/ TU yang diwakili Pabung Humbahas Mayor Wasno, Kajari Humbahas diwakili Kasi Pidum Hiras A Silaban. Kemudian, Sekda Drs Tonny Sihombing MIP, Asisten Pemerintahan Makden Sihombing SSos MM. Lalu, Kepala BPBD Ir Tumbur Hutagaol MT, Kadis Kesehatan drg Hasudungan Silaban MKes. Kadis Kominfo Drs Hotman Hutasoit, Kasatpol PP Drs Edy H Sinaga MSi, Direktur RSUD dr Netty Simanjuntak. Selanjutnya ada Kepala Puskesmas se-Kabupaten Humbahas, camat se-Kabupaten Humbahas dan jajaran Polres Humbahas.

Sekda Drs Tonny Sihombing MIP dalam pemaparannya menjelaskan bahwa rakor itu sangat penting. Karena bisa melihat kembali kekurangan-kekurangan untuk bahan evaluasi dan perbaikan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Humbahas.

“Dalam rapat ini kami sampaikan bahwa Pemkab Humbahas dari segi penganggaran sudah melakukan refocusing anggaran dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di tahun 2021 ini,” katanya.

Tugas Pemkab Humbahas

Ada beberapa tugas Pemkab Humbahas terkait percepatan penanganan Covid-19. Antara lain kepastian status meninggal karena Covid-19, regulasi mobilitas masyarakat secara khusus pekerja yang datang dari luar kabupaten dan perpanjangan PPKM Mikro.

Dari pembahasan, Kapolres Humbahas AKPB Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH menekankan beberapa hal antara lain pembangunan pos-pos pengawasan dengan target seluruh desa dan kelurahan. Selanjutnya, vaksinasi massal yang sudah berjalan. Dan perlu koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi dalam mengejar target di Humbahas.

Berikutnya, Satgas ataupun Pemkab agar membuat regulasi mengenai pekerja-pekerja yang datang dari luar. Apakah dalam bentuk surat edaran ataupun peraturan. Selanjutnya agar memperpanjang PPKM Mikro dengan evaluasi. Selanjutnya mengenai isolasi mandiri agar segera terlaksana dengan menunggu persetujuan dari provinsi.

Untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antar lintas sektoral dalam percepatan penanganan Covid-19 perlu dibuat Surat Keputusan Satgas Covid-19 Kabupaten Humbahas yang tahun-tahun sebelumnya masih Gugus Tugas.

Perlu penentuan Sekretariat Gugus Tugas untuk memudahkan koordinasi di antara Gugus Tugas Kabupaten Humbahas.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment