Wakil Bupati Humbahas Hadiri Pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa Pilkades Serentak Tahun 2021

Wakil Bupati Humbahas Hadiri Pembekalan PPKD Tahun 2021

topmetro.news – Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH menghadiri kegiatan Pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa Pilkades Serentak Tahun 2021 di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Kamis (17/6/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan sejak terbitnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa di Kabupaten Humbahas, pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 merupakan gelombang ketiga, setelah gelombang petama pada tahun 2018 dan gelombang kedua pada tahun 2019. Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021, yaitu sebanyak 85 desa yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Humbahas.

Wakil Bupati menambahkan Pilkades merupakan pesta demokrasi di tingkat desa. Yang berarti terkandung makna sukacita kebahagiaan dan kebersamaan meski terdapat berbagai perbedaan. “Namun di tengah-tengah perbedaan itu ada sebuah tujuan untuk menyatukan hati menuju kebaikan. Yaitu membangun desa yang kita cinta lewat pemimpin yang dipilih secara demokratis. Yaitu dari kita, untuk kita dan oleh kita,” katanya.

Persaudaraan Dalam Pilkades

Kata Oloan, pelaksanaan Pilkades haruslah berlandaskan rasa persaudaraan dan sikap persatuan demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. “Serta terpeliharanya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Wakil Bupati mengharapkan agar para peserta PPKD mampu memahami mekanisme dan prosedur pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Mari kita sukseskan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Humbahas menuju Humbahas yang Hebat dan Bermentalitas Unggul,” tutupnya.

Jumlah Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) pada Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Humbahas sebanyak 693 orang dan 85 desa tersebar di 10 kecamatan. Pembekalan berlangsung selama dua hari dengan empat sesi dan pelaksanaannya dalam satu hari dengan dua sesi.

Turut hadir dalam kegiatan pembekalan, Wakapolres Humbahas Kompol D Pinem, Pabung Humbahas Mayor Wasno mewakili Dandim 0210/TU, Kepala PN Tarutung Golom Silitonga SH MH, pimpinan OPD, camat, PPKD, dan kepala desa.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment