Plt Sekda Tutup MTQ Nasional Ke-49 Tingkat Kota Pematangsiantar

TOPMETRO.NEWS –  Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-49 tingkat Kota Pematangsiantar tahun 2017 yang berlangsung selama empat hari di Lapangan H.Adam Malik resmi ditutup Plt. Sekda Ir.Reinward Simanjuntak, MM, ditandai pemukulan beduk.

Penutupan juga ditandai dengan pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah kepada para qori dan qoriah yang berhasil menjadi juara. Keputusan Dewan Hakim, Kecamatan Siantar Martoba kembali tampail sebagai Juara Umum dan berhak  memboyong kembali piala bergilir Walikota Pematangsiantar.

Plh.Walikota, Hefriansyah,SE.MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt. Sekda, Ir.Reinward Simanjuntak, MM, menyatakan bahwa penyelenggaraan MTQN Ke-49 Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2017 ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran keagamaan.

Karena bagi setiap umat yang beragama ada tuntutan untuk melaksanakan ajaran agamanya. Sedangkan bagi umat Islam, tuntutan dan pedomannya sudah sangat jelas, yakni sebagaimana yang terkandung dalam Al-Qur”an.

“Untuk itu, bagi umat Islam sangat penting, untuk senantiasa menumbuhkan kesadaran, khususnya dalam mencintai sekaligus menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran, serta dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat juga tersurat dalam Al-Qur’an,”katanya.

Ditambahkan, untuk menentukan seseorang menjadi qori dan qoriah terbaik dalam pemahaman, sikap ikhlas harus senantiasa melandasi niat segenap peserta.

Dengan demikian, posisi juara dan belum juara pada MTQ ini, dapat menjadi bahan evaluasi, terutama dalam kemajuan membaca Al-Quran yang telah dicapai. Sehingga ke depan dapat meningkatkan kualitas, sekaligus dapat meraih prestasi yang diinginkan.

Capaian prestasi yang telah diraih oleh Kafilah dari 8 Kecamatan harus menjadi motivasi untuk mengembangkan potensi.

“Semoga dengan MTQ ini melahirkan peserta terbaik dan menjadi modal besar Kota Pematangsiantar untuk bertanding di MTQ Nasional Tingkat Provinsi di Kabupaten Dairi yang rencananya akan dilaksanakan pada Bulan November 2017 mendatang,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Plt. Sekda Ir.Reinward Simanjuntak, MM, mengharapkan kepada Qori dan Qoriah, Hafidh dan Hafizah yang berhasil meraih juara hendaknya tidak langsung berpuas hati, tapi meningkatkan terus kemampuan membaca, menghafal dan menghayati serta mengamalkan isi yang terkandung didalam AL-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Selama berlangsungnya MTQN ini para qori dan qoriah yang berjumlah 286 orang telah mengikuti kegiatan yang dimusabaqahkan yakni Cabang Tilawah Qur’an, Cabang Tartil Qur’an, Cabang Tahfiz Qur’an, Cabang Syahril Qur’an, Cabang Khattil Qur’an dan Cabang Fahmil Qur’an.

Sebelumnya, Ketua Panitia Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.H.M Akhir Harahap, dalam laporannya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung terlaksananya MTQN ke- 49 ini.

Diumumkan, Kecamatan Siantar Martoba kembali meraih Juara Umum pada tahun 2017 ini dengan mengumpulkan nilai sebanyak 73 poin, disusul Siantar Barat 61 poin, dan urutan ketiga Siantar Timur 28 poin, urutan keempat Siantar Sitalasari 20 poin, urutan kelima Siantar Marimbun 13 poin, urutan keenam Siantar Selatan 9 poin, urutan ketujuh Siantar Marihat 6 poin dan Siantar Utara urutan terakhir dengan nilai 1 poin.

Penutupan MTQN Ke-49 tahun 2017 ini dilakukan oleh Plt. Sekda Ir.Reinward Simanjuntak MM, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Plt.Ketua PKK Kota Pematangsiantar, Ny.Sahputri Hefriansyah, Kakan Kemenag Drs.H.Abddur Rahman Harahap, Ketua MUI Drs.H.M Ali Lubis, Ketua PHBI Drs. Armaya Siregar, Ketua LPTQ H.Ahmmad Ridwan Syah Putra.

Pada kesempatan itu, mereka berkenan menyerahkan hadiah piala serta piagam penghargaan kepada Qori dan Qoriah yang meraih juara, dan diakhiri penyerahan piala bergilir kepada Kecamatan Siantar Martoba.(TM/HEN).

Related posts

Leave a Comment