Ketua TP PKK Asahan: Makan Ikan Mampu Atasi Stunting

Ketua TP PKK Asahan: Makan Ikan Mampu Atasi Stunting

topmetro.news Ketua TP PKK Asahan, Hj Titiek Sugiharti Surya didampingi Kadis Perikanan Asahan, Ir Hazairin, Camat Tanjung Balai Idris SH membuka sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan di aula Kantor Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjung Balai, Rabu (23/6/2021).

Ir Hazairin menyampaikan tujuan sosialisasi ini sebagai salah satu upaya memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan. Untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga kesehatan tubuh. Sosialisasi diikuti 60 orang (20 orang perwakilan tingkat TK, 20 orang usia keluarga muda dan 20 orang PKK Desa Asahan Mati.

Hj Titiek menyampaikan ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak manfaatnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan memang sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung omega 3. Tak hanya banyak manfaatnya, ikan juga banyak jenisnya sehingga enak untuk dikonsumsi.

“Manfaat makan ikan adalah kandungan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak, tulang dan mencegah risiko penyakit kronis. Hal ini akan membuat kondisi tubuh tetap prima meski sudah dimakan usia,” tambah Hj Titiek.

Perbanyak Konsumsi Ikan

Sosialisasi ini juga bertujuan agar masyarakat semakin banyak mengkonsumsi ikan serta akan berkonstribusi positif bagi pelaku usaha perikanan.

“Apalagi jika gerakan ini diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan perlindungan kepada pelaku usaha perikanan,” tuturnya.

Gerakan ini juga merupakan salah satu upaya Pemkab Asahan untuk mengatasi masalah stunting. Dimana seperti diketahui bahwa stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama. Yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak.

Ketua TP PKK Asahan itu mengimbau kepada Dinas Perikanan, PKK Kecamatan Tanjung Balai untuk berperan aktif  dalam mengikuti sosialisasi ini. PKK memiliki peran penting dalam upaya pencegahan stunting dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan dengan menyediakan produk olahan ikan yang disukai anak anak dengan harga terjangkau.

Hj Titek menyerahkan hadiah lomba menggambar bertemakan ikan tingkat Paud. Juara I Suhala, Juara II Fais Ahabi, Juara III Alif.

penulis : En

Related posts

Leave a Comment