Peringatan HKN, Ketua TP PKK Taput: Kaum Ibu Berperan Cegah Stunting

Peran kaum ibu

topmetro.news – Peran kaum ibu sangat diharapkan dalam pencegahan stunting. Ketua TP PKK Taput Satika Simamora SE MM menyampaikan hal itu, saat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 Kabupaten Tapanuli Utara.

Acara berlangsung di Puskesmas Siatas Barita, Kamis (24/6/2021). Turut bersama Ketua TP PKK Taput, antara lain, Kadis KBP3A Taput Sudirman Manurung, Camat Siatas Barita, dan para pengurus TP PKK.

“Sesuai dengan tema Peringatan HKN, ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’, kita semua harus berperan aktif untuk memperhatikan kesehatan anak. Sehingga anak tumbuh dengan memiliki tinggi badan sesuai dengan umurnya. Terutama memiliki gizi yang cukup. Khususnya kaum ibu harus lebih fokus dalam pencegahan stunting ini. Dan seorang ibu harus mampu me-manage dirinya sendiri dengan baik. Sehingga menjadi contoh dalam keluarga tersebut,” ucap Ketua TP PKK Taput mengawali sambutannya.

Menurutnya, keluarga berkualitas dapat tercapai dengan perekonomian yang cukup sebagai salah satu faktor pendukungnya. Orangtua juga harus membuat perencanaan yang matang dalam menentukan jumlah anak. Antara lain, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan dan perekonomian. Sehingga perawatan dan pendidikan si anak akan lebih terencana dengan baik.

“Sebagai orangtua harus bertanggungjawab penuh atas masa depan anak. Karena falsafah mengatakan ‘anakkon ki do hamoraon di au’. Jargon ‘dua anak cukup’ yang sudah lazim dikumandangkan dalam program KB sebelumnya. Saat ini selayaknya berubah menjadi ‘dua anak lebih sehat’. Kita harus mewariskan generasi muda yang unggul demi terwujudnya keluarga sehat, bahagia, dan berkualitas,” imbau Satika Simamora, mengakhiri sambutannya.

Kegiatan HKN Taput

Kadis KBP3A Taput Sudirman Manurung melaporkan, bahwa Peringatan HKN ke-28 dengan tema ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’, berisi kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor. Kemudian juga ada pelaksanaan bakti sosial TNI-KB Kesehatan.

“Pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan keluarga berkualitas. Saat ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menargetkan sebanyak 1.270 akseptor. Di mana, khusus untuk wilayah Kecamatan Siatas Barita ditargetkan sebanyak 112 akseptor,” jelas Sudirman Manurung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Pengerak PKK Taput mengirim bantuan kepada para akseptor KB dan petugas pelayanan KB. Kemudian berlanjut dengan peninjauan pelayanan KB.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment